14/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Danrem 081/DSJ Buka Kegiatan Komsos, Binsiap Apwil Dan Puanter

Danrem 081- DSJ Buka Kegiatan Komsos, Binsiap Apwil Dan PuanterMadiun, KabarGress.com – Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Czi M. Reza Utama membuka kegiatan bidang Teritorial, Peningkatan Komunikasi Sosial bagi Prajurit TNI-AD, Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (BINSIAP APWIL DAN PUANTER) Korem 081/DSJ Triwulan III TA. 2014 di Ruang Aula Makorem, Jl. Pahlawan Kota Madiun, Senin (25/8). Kegiatan tersebut dihadiri oleh 183 orang terdiri dari para Kasi Korem 081/DSJ, Danramil, Pasi Ter, Bati Wanwil, Bati Puanter dan Babinsa.

Kegiatan ini merupakan implementasi program kerja bidang Teritorial pada Triwulan III TA. 2014 yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Komunikasi Sosial serta Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dalam melaksanakan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui Binter untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja, sekaligus menjadi landasan dalam menetapkan tujuan bersama yang ingin dicapai, dalam mencapai sasaran bagi terwujudnya Ruang, Alat dan Kondisi juang serta kemanunggalan TNI-Rakyat yang tangguh dalam rangka mendukung pertahanan negara aspek Darat. Demikian sambutan Danrem 081/DSJ Kolonel Czi M. Reza Utama, pada saat membuka kegiatan tersebut.

Hal ini juga mengingatkan kepada prajurit Korem 081/DSJ untuk selalu memahami dan menghargai adat istiadat (Kebudayaan), kebiasaan dan keharusan yang berlaku di masyarakat dalam setiap melaksanakan pembinaan Teritorial diwilayahnya. dan Guna mendukung serta mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat maka setiap prajurit Satkowil harus Memiliki kemampuan memecahkan masalah, Memiliki kemampuan mengayomi, Memiliki kemampuan berkomunikasi, Memiliki wawasan pengetahuan yang luas, serta senantiasa menjadi panutan dan suri tauladan. Tegas Danrem.

Sebagai pembicara Mayor Inf Misirin (Pasi Wanwil Siter Rem 081/DSJ) menyampaikan materi kemampuan Binter antara lain Sikap Ter, Lima kemampuan Ter, Metode Binter, Sisrendal Binter (TK Kodim & Korem) serta ketatalaksanaan Binter ( TK Koramil). Untuk pemberian materi  empat pilar kebangsaan disampaikan oleh Mayor Kav Suwarno (Pasi Bahkti TNI Siter Rem 081/DSJ). Dimana Pancasila sebagai dasar negara harus ditanamkan dalam jiwa generasi muda terutama Prajurit dan PNS jajaran Korem 081/DSJ. Lebih khusus lagi dalam kondisi sekarang ini banyak tawuran, dan premanisme. Kondisi yang memprihatinkan ini mendorong Staf Teritorial Rem 081/DSJ untuk melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang mencakup Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI yang merupakan nilai-nilai untuk  mampu menjaga integritas bangsa sehingga diharapkan dapat menumbuhkan nasionalisme demi terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

”Melalui nilai-nilai kebangsaan, mampu manjaga integritas bangsa sehinga akan dicapai kehidupan bangsa yang lebih baik,” dan kegiatan selanjutnya diisi dengan Komsos (komunikasi sosial) yang disampaikan oleh Pasi Komsos Mayor Inf Abdul Mutolib yang mana Komsos dapat digunakan sebagai sarana Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi dan Simplikasi (KISS) dalam menunjang kegiatan Pembinaan Teritorial TNI AD. jelasnya.

Diakhir amanatnya Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Czi M. Reza Utama, meminta para peserta dapat mengikuti dan menyerap materi yang diberikan dengan baik, sehingga dari kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter tersebut secara perorangan tiap prajurit mampu menjabarkan dan menterjemahkan dalam kegiatan nyata Binter melalui giat Komsos menyatu dan melebur kedalam wahana komponen masyarakat, dapat mampu  menjelaskan tentang pentingnya pertahanan Negara dihadapkan dengan sikap prajurit yang dituntut harus mempunyai mental yang baik sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Profesional berdasarkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. (Eri)