Jadi Wakil Rakyat, DPRD Terpilih Harus Peka

JADI WAKIL RAKYAT,  DPRD TERPILIH HARUS PEKASurabaya, KabarGress.Com – Wakil Gubernur Jawa Timur  H. Saifullah Yusuf menegaskan, anggota DPRD Kabupaten/Kota terpilih harus memiliki kepekaan dan tanggung jawab yang tinggi seusai dilantik menjadi wakil rakyat di parlemen.

Ada tiga tanggung jawab yang harus diemban yakni tanggung jawab terhadap rakyat, bangsa dan negara danterhadap partai. Ketiganya tidak mudah dilaksanakan, dan harus berjalan seiring dalam mengemban amanah lima tahun ke depan.

Wagub, saat membuka Orientasi Bagi Anggota DPRD Kab/Kota Periode Tahun 2014-2019 di Hotel Singgasana Surabaya, (24/8) menjelaskan, yang dimaksud tanggung jawab kepada rakyat, pertama harus bisa membuktikan janji-janji selama kampanye. Hal itu bisa dilakukan denganberbagai macam bentuk kegiatan “Terhadap merekalah kita harus mempertanggung jawabkan seluruh kepercayaan. Minimal kita tidak melakukan tindakan korupsi,” tegasnya.

Tanggung jawab kedua, yakni pertanggung jawabankepada bangsa dan negara. Bentuk tanggung jawab ini memiliki tugas yang sangat luas dan mengikat. Negara memiliki perangkat undang-undang yang harus diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Negara memiliki banyak aturan yang harus dipedomani, mulai dari aturan tingkat pusat, provinsi hingga kab/kota. “Tanggung jawab kepada negara mengikuti apa yang ditugaskan sebagai abdi masyarakat. Jika, menjadi Wakil Gubernur harus tau tugas pokok dan fungsinya dan jangan merasa menjadi gubernur. Kita harus memahami etika, jika kita menabrak aturan maka yang terjadi adalah disharmonisasi dalam menjalankan pekerjaan,” imbuhnya.

Tanggung jawab ketiga adalah kepada partai politik yang harus diperhatikan oleh anggota DPRD terpilih.“Menjadi anggota dewan harus memiliki kendaraan politik melalui partai politik, dan kita harus mematuhi segala aturan, prosedur dan patuh terhadap kebijakan partai.Jangan sampai kita berbeda pandangan dengan partaipolitik pendukung kita di parlemen, karena akibatnya bisa fatal,” kata Gus Ipul sapaan akrabnya mencontohkan.

Ia berharap, agar setiap DPRD terpilih harus menjalankan tanggung jawab dan amanah yang telah diberikan oleh masyarakat, bangsa dan negara serta partai politik sehingga dalam bekerja bisa berjalan secara baik, seimbang dan berkelanjutan.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Prov. Jatim Dr. Saiful Rahman mengatakan, tujuan yang ingin dicapai dalam orientasi bagi anggota DRPD kabupaten/kotaangkatan I tahun 2014 adalah meningkatkan pemahaman tentang ideologi negara, konstitusi, semangat patriotisme dan wawasan kebangsaan.

Seelain itu, dalam orientasi ini untuk membangun kesamaan persepsi antar anggota DPRD terutama terhadap masalah-masalah aktual yang terkait langsung dengan tugas dan fungsi DPRD. (Eri)

Leave a Reply


*