30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

KPU JATIM BUKA RPP PILKADA 2018

Surabaya, Kabargress.com – Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), terus mengawal Pembentukan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di 38 KPU Kabupaten/ Kota di wilayahnya. Seluruh KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur diminta menuntaskan pembangunan RPP sebelum bulan Maret berakhir.

Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, menyampaikan bahwa pembangunan RPP sudah harus diselesaikan maksimal pada akhir bulan Maret, karena di dalam surat KPU RI Nomor 54/KPU/I/2017 yang terbit pada tanggal 16 Januari 2017 tersebut menginstruksikan pembangunan RPP di Triwulan I Tahun 2017.

“Sampai sejauh ini, semenjak surat KPU RI turun, KPU Kabupaten/ Kota secara bergantian ke RPP Punakawan KPU Jatim untuk mempelajari pembangunan RPP. Dan sebagian besar sudah mulai mengerjakan pembangunan RPP,” kata Gogot seperti dilansir media resmi www.kpujatim.go.id.

Hasil monitoring sampai saat ini, menurut Gogot sudah ada 26 RPP yang memiliki nama. “Nama-nama RPP rata-rata berasal dari kearifan lokal daerah setempat. Yang kemudian dikontekskan dalam Kepemiluan dan demokrasi. Sebagian lagi ada yang mengadobsi dari kata-kata Kepemiluan dan Demokrasi, yang selanjutnya menjadi akronim,” ungkap Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim. (Las)