RAIH PENGHRAGAAN KEPALA DAERAH INOVATIF

Surabaya , KabarGress.com – Keberhasilan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo dalam memimpin Jatim selama dua periode, mendapatkan perhatian dari Koran Sindo. Pakde Karwo diberikan Penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif kategori Lifetime Achievement.

Penghargaan diserahkan Dirut Koran Sindo, Sururi Al Faruq kepada Gubernur Jatim kepada Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim pada acara Penyerahan Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2018 di Anjungan Pantai Losari, Makasar, Kamis (30/8/2018).

Selama kepemimpinannya, Pakde Karwo berhasil dalam menurunkan penduduk miskin di Jatim melalui berbagai inovasinya diantaranya melalui program Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin Kesra), dan Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra). Program tersebut menjadikan masyarakat miskin lebih berdaya dan sejahtera.

Sementara itu, saat menjawab pertanyaan media terkait penghargaan KDI, Pakde Karwo menjelaskan, penghargaan ini bertujuan agar para kepala daerah melakukan berbagai inovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pakde Karwo mencontohkan inovasi tersebut bisa dilakukan melalui berbagai cara misalnya mencari alternatif bahan baku yang selama ini masih didatangkan dari impor.

“Impor tersebut yang terus menjadi beban. Dengan ikut sertanya Koran Sindo mendorong kepala daerah berinovasi memberikan dampak positif juga bagi masyarakat. Hal ini harus mendapat dukungan karena demokrasi meletakkan media sebagai tiang keempat dalam memberikan proses keputusan yang bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Gubernur Jatim menambahkan, dengan adanya penghargaan KDI, juga mengajak kepala daerah mempunyai jiwa enterpreunership. Kepala daerah secara tidak langsung juga diajak mendorong produk daerah memiliki kualitas dan bagus, khususnya sektor UMKM.

Kepala daerah bisa melakukan pelatihan SDM sehingga semua produk wilayahnya bisa menembus produk ekspor luar negeri maupun dalam negeri.

”Dengan memiliki jiwa enterpreunership , para kepala daerah secara tidak langsung juga berupaya berinovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Dirjen Otda Kemendagri yang sekaligus Pj. Gubernur Sulawesi Selatan , Dr. Sony Sumarsono juga menyebut Pakde Karwo sebagai sosok yang luar biasa.

Dengan prestasi yang luar biasa, yaitu meraih Sembilan kali beruturut turut meraih WTP dan 2x Jatim meraih penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha menjadi penilaian tersendiri. “Akhir jabatan, Istana RI menunggu Pakde Karwo” ucapnya.

Sementara itu, berkat kinerja yang luar biasa yang dibarengi dengan berbagai inovasi yang membangun, Pakde Karwo dipuji dan disebut sebagai Bapak Inovasi Indonesia. Pujian tersebut dilontarkan oleh Walikota Makasar Mohammad Ramdhan Pomanto.

Pakde Karwo dirasa menjadi kepala daerah yang mampu berinovasi bagi Jatim. “Tentunya hal ini menjadi panutan bagi daerah lain, agar bisa terus berinovasi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya

Penghargaan KDI sudah diselenggarakan kelima kalinya. Kepala daerah yang melakukan inovasi dan terobosan dalam membangun daerahnya diberikan apresiasi KDI. Pada KDI 2018 ini, Koran Sindo memberikan apresiasi kepada 35 kepala daerah yang terdri dari 19 bupati, 14 wali kota dan 4 gubernur.

Seperti KDI sebelumnya, pada 2018 ini ada enam kategori inovasi yang dilakukan para kepala daerah. Enam kategori tersebut di antaranya Investasi dan ekonomi, sosial budaya, pelayanan masyarakat, infrastruktur dan pembangunan, tata kelola pemerintahan dan lingkungan hidup.

Pemberiaan apresiasi inovasi kepada kepala daerah ini sejalan dengan semangat Koran Sindo yang ingin terus berinovasi. Di tengah tantangan di era disrupsi sekarang ini, inovasi harus terus menerus dilakukan agar pemerintah daerah bisa terus memberikan manfaat kepada masyarakat.

Inovasi akan membuat pembangunan di daerah semakin dinamis. Jika semua daerah di Indonesia bisa melakukan inovasi maka, bangsa ini menjadi lebih maju. Karena Indonesia juga bisa dibangun dari daerah. (hery)

Leave a Reply


*