31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Warsito, Dedikasikan Diri Secara Total Besarkan Partai Hanura Surabaya

MUSCAB Partai Hati Nurani Rakyat Kota Surabaya bakal digelar. Sebagai salah satu bakal calon (Balon) Ketua DPC, apa program yang bakal dilaksanakan untuk kebesaran Partai Hanura Kota Surabaya? Berikut transkrip wawancara khusus KabarGress.com dengan Balon Ketua DPC Partai Hanura Kota Surabaya, Warsito, SE.

Warsito, SEBisa dijelaskan kepada publik Kota Surabaya, apa program anda jika nanti terpilih sebagai Ketua DPC?

Banyak hal yang tentunya nanti akan dilakukan. Tetapi bila amanah itu dipercayakan Partai kepada saya, selaku kader dan pengurus yang baru saya akan bekerja untuk partai secara total. Pertama tentu saja yang langsung saya lakukan adalah membentuk Kabinet atau struktur kepengurusan. Selanjutnya, setelah pembentukan kepengurusan DPC yang terdiri Sekretaris, Bendahara, dan lainnya, lakukan konsolidasi partai, dengan kader partai PAC, dan kader yang berada di dewan.

Seperti apa konkretnya konsolidasi yang bakal anda lakukan dengan kader dan PAC. Berapa jumlah PAC untuk kota Surabaya?

Itu teknis, mas. Yang pasti konsolidasi itu menurut hemat saya sangatlah penting untuk dilakukan, dan memang harus dilakukan. Kenapa begitu, makna dari konsolidasi itu sejatinya sebagai upaya membangun kebersamaan anggota, kader pengurus, secara terintegrasi. Tujuannya satu, terbangun sebuah kesamaan pandang, kesamaan cita-cita, dan kesamaan membesarkan partai ke depan.

Upaya membesarkan tentu perlu perjuangan. Apalagi Kota Surabaya yang terdiri 31 Kecamatan atau PAC dan 154 Kelurahan dengan kisaran jumlah penduduknya sekutar 3 jutaan sebuah wilayah yang lumayan padat. Luas wilayah didukung jumlah penduduk yang banyak, Kota Surabaya ditambah tipikal warganya yang sangat terbuka memberi ruang bagi Partai Hanura, menjadi besar. Tergantung bagaimana kita menangkapnya.

Oke. Bagaimana anda menerjemahkan potensi Kota Surabaya yang besar itu nantinya untuk kebesaran Partai Hanura?

Kata kuncinya kerja keras mas. Maksud saya tentu kalau Partai memberikan kepecayaan itu kepada saya, banyak hal yang bisa dilakukan supaya Partai Hanura diterima warga metropolis. Antara lain, mengoptimalkan kinerja Partai mulai dari DPC, PAC, dan segera membentuk kepengurusan di tingkat anak ranting.

Pembentukan kepengurusan sampai anak ranting akan dilakukan dengan sesegera mungkin. Sebab, itu juga merupakan bagian dari amanah Partai. Bagi saya membentuk kepengurusan sampai pada tingkat anak ranting tidak ada masalah, dan saya akan mengerjakan amanah partai itu secara totalitas. Sebab, hal itu bagian dari program penguatan kelembagaan Partai yang harus dilakukan.

Pola komunikasi seperti apa nantinya yang bakal anda kembangkan kepada publik. Boleh tahu, hubungan anda dengan PAC?

Kalau ditanya hubungan saya dengan PAC, ya selama 4 tahun saya mengemban tugas sebagai Sekretaris tentu baik, dan sangat baik. Saya selama 4 tahun bersama, bekerja bersama PAC, dan sampai sekarang hubungan baik saya dengan PAC terpelihara cukup baik. Nggak ada masalah, fun-fun saja. Seperti anda tahu berkat kerjasama antara DPC dan PAC yang cukup baik hasil kerjanya sama-sama telah bisa kita lihat.

Syarat bagi Ketua DPC harus mampu menyediakan Kantor, apakah anda mampu?

Warsito, tak langsung menjawab. Tetapi tak lama berselang, dengan tersenyum mengatakan: Kalau ditanya apakah saya siap, tentu saya sudah sangat dan telah mempersiapkan kantor beserta mobil operasional partai. Sebab, itu memang bagian dari syarat yang bisa dipenuhi.

Syarat-syarat yang bersifat fisik itu sudah tidak masalah. Yang menjadi fokus saya adalah membangun mesin Partai secara profesional. Dan mesin partai itu dapat bekerja secara efektif jika kelembagaan partai itu kuat, untuk itu agar kinerja Partai maksimal saya bersama PAC dan Anak Ranting tentunya akan membangun komunikasi secara aktif dengan publik atau warga masyarakat, selain jalin dengan lintas partai dan pemerintah selaku penyelenggara negara. Saya kira itu yang bisa saya sampaikan. (hery)