24/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Tiga Pilar Akan Membawa Indonesia Dipandang Dunia

Gubernur Jatim, Dr.H. Soekarwo memberikan Potongan Tumpeng Kepada Pejuang Veteran pada Peringatan Kemerdekaan RI ke 70di Gedung GrahadiSurabaya, KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur Dr. H Soekarwo berjanji kepada para pejuang dan veteran akan membawa Republik Indonesia menjadi negara yang lebih baik dan terpandang di dunia.  “Optimislah bahwa Republik Indonesia akan bertambah baik dan menjadi terpandang di negara lain. Yang saat ini telah menjadi negara ke 16 terbesar di dunia,” janjinya saat beramah-tamah dengan para perintis kemerdekaan, purnawirawan, veteran, wredatama dan warakawuri dalam rangka Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekan ke 70 RI, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (17/8).

“Tiga pilar yang terdiri dari pemerintah, TNI dan Polri akan meneruskan perjuangan dengan cara menjaga keamanan, membangun negara untuk kesejateraan masyarakat  hingga dipandang oleh dunia ,” lanjutnya.

“Perjuangan para pejuang tercatat abadi sebagai sejarah di negeri ini,” ungkap Gubernur.  Sebagai apresiasi negara,  pada peran para pejuang dan veteran yang memiliki andil yang luar biasa bagi Negara Indonesia, negara dan pemerintah akan terus memberikan penghargaan setinggi-tingginya sesuai dengan kemampuan negara dan undang-undang yang berlaku. Dan juga akan terus meningkatkan kesejahteraan  para veteran dan pejuang bangsa.

Sebagai apresiasi dan penghargaan yang mendalam,  Gubernur didampingi Wakil Gubernur beserta para isteri menyerahkan tali asih kepada 220 veteran dan janda veteran di seluruh Jawa Timur, memberikan penghargaan kepada insan Jawa Timur yang berprestasi di bidangnya seraya berpesan agar mereka terus ikut berperan dalam memajukan pembangunan yang dilaksananakan pemerintah provinsi dan Negara Indonesia.

Adapun taliasih secara simbolis diberikan kepada Bp. Anwaru dari Kabupaten Kediri, Ibu Tangkilisan Janda Purnawirawan Musni, Ibu Quminatun Janda Purnawirawan Ngalimin, Ibu Siti Rochani Janda Purnawirawan Ngamal, serta Ibu Siti Zubaidah Janda Purnawirawan Suratin.

Sedangkan penghargaan lain diberikan kepada para pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Jatim.

Untuk Kategori Desa : Pemenang I Desa Jatigunung Kec. Tulakan Kab. Pacitan, II Desa Wirotaman Kec. Ampel Gading Kab. Malang, III Desa Nongkodono Kec. Kauman Kab. Ponorogo dan Desa Sundul Kec. Parang Kab. Mangetan.

Kategori Kelurahan : Pemenang I Kelurahan Kasin, Kec. Klojen Kota Malang, II Kel. Rejomulyo Kec. Tukartoharjo Kota Madiun, III Kel. Banjarmiati Kec. Mojoroto Kota Kediri, IV Kel. Jember Kidul Kec. Kaliwates Kab. Jember.

Penghargaan juga diberikan kepada Insan Perfilman yang mengikuti Jambore Film Animasi Tk. Nasional dengan Tema “Sumpah Amukti Palapa Patih Gajahmada dan Pahlawan Nasional Indonesia RI.

Pemenang I: Judul Film “Babad Alas Majapahit” karya Tsani Sirojul Munir, Surabaya, II Judul Film “Diponegoro” karya Arif Sutono, Malang, III Judul Film ‘Bung Tomo, “Spirit in My Life” karya Gunawan, Kab. Malang, IV Judul Film “RA Kartini” karya  SMKN I Surabaya, dan Pemenang V dengan Judul Film “Jibeg” karya Team SMKN I Boyolangu Tulungagung. (hery)

Teks foto: Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo memberikan potongan tumpeng kepada pejuang veteran pada Peringatan Kemerdekaan RI ke 70 di Gedung Grahadi.