03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo: Generasi Muda Harus Hargai Pejuang

Pakde Karwo -Generasi Muda Harus Hargai PejuangPakde Karwo --Generasi Muda Harus Hargai PejuangMojokerto, KabarGress.com – Gubernur Jatim Pakde Karwo bersama Forpimda Jatimmelepas keberangkatan peserta lomba gerak jalan Mojokerto – Surabaya dari Alun-alun Kab. Mojokerto, Kamis (21/11) sore. Setelah memberangkatkan, Pakde langsung turun panggung ikut jalan bareng dengan peserta lomba meski hanya beberapa kilometer.

Menurutnya, gerak jalan Mojokerto-Surabaya ini adalahgerak jalan untuk menghargai perjuangan para pahlawan.“Generasi muda  harus menghargai para pahlawan. Salah satu cara adalah dengan mengingat kembali sejarah perjuangan para pahlawan agar supaya nilai-nilai perjuangan melekat dalam sanubari. Dengan demikian mengingatkangenerasi muda bahwa dalam hidup ini penuh denganperjuangan,” ujarnya.

Gerak jalan dengan jarak tempuh paling jauh di Indonesia, dan digelar setiap tahun diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Biasanya dilaksanakan start malam minggu, tapi khusus untuk tahun ini digelar pada hari kerja Jumat sore. Namun, meski tidak digelar akhir pekan, tapi 10.100 orang peserta nampak semangat untuk mencapai finish di depan Tugu Pahlawan Surabaya, dengan jarak sejauh 55 kilometer.

Para peserta terdiri dari Kategori perorangan 2.830 orang ( putri 239 dan putra 2.791 orang)  dan beregu umum 537 regu, dan TNI/ Polri 48 regu. Beregu biasanya 10 orang inti dan 3 orang cadangan. Untuk beregu umum biasanya berasal dari karyawan-karyawati, PNS, Swasta, BUMN, BUMD, Pelajar dan Mahasiswa, Ormas, Karang Taruna , LSM dan Masayarakat Umum. Karena memerlukan fisik prima, usia minimal dibatasi 17 tahun. Peserta tidak hanya berasal dari wilayah Jatim, tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumatera.

Antusias peserta lomba tahun ini meningkat dibandinglomba gerak jalan Mojokerto-Surabaya tahun 2013, peserta yang ambil bagian mencapai 9.546 orang, terdiri atas 2.799 peserta perorangan, 499 regu umum dan 20 regu TNI/Polri.

Sebelum peserta gerak jalan diberangkatkan,dimeriahkan dengan Festival Sepeda Kuno yang diikuti ribuan penggemar sepeda kuno dari berbagai daerah di Jatim dan luar Provinsi. Festival ini cukup menarik perhatian masyarakat Mojokerto mulai anak-anak hingga dewasa, yang sejak siang sudah berjajar di sepanjang jalan yang dilalui festival sepeda ini. ( eri )