03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Bude Karwo: Tumbuhkan Rasa Sayang Lewat Gambar

Bude Karwo- Tumbuhkan Rasa Sayang Lewat GambarSurabaya, KabarGress.com – Untuk menumbuhkan rasa kasih sayang, salingpengertian dan perdamaian pada anak sebagai penerus bangsa, maka bisa dimulai sejak anak usia dini. Caranya  dengan mengajak anak untuk menggambar atau melukis. Oleh karena itu, siang hari ini diadakan lomba poster untuk anak usia dibawah 13 tahun oleh Lions Club Distrik Surabaya.

Pernyataan tersebut disampaikan Bude Karwo, panggilan lekat Ny. Sina Soekarwo selaku Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Jatim, saat memberikan pengarahan pada pembukaan Lomba menggambar Poster  Perdamaian ( Peace Poster Contest) di Grand City Mall Surabaya, Minggu (19/10 ) siang.

Dikatakan, anak merupakan generasi penerus bangsa oleh karena itu kita sebagai orang tua mempunyai kewajiban melindungi dan memberikan hak- hak anak  seperti memberikan pendidikan dan kesehatan yang mutlak harus diterimaa oleh anak, serta memberikan  perlindungan tentang hukum dan perdamaian sehingga bisa memberikan kenyamanan dan membentuk karakter anak lebih baik dan berakhlak mulia.

Selain hal tersebut diatas, akan juga harus diberi pengertian dan ketrampilan yang dapat membuka cakrawala, wawasan dan kreativitas serta inovasi, contohnya adalah mengikut sertakan anak pada kegiatan positif yakni menggambar atau mengikuti lomba menggambar seperti siang hari ini. Lomba menggambar poster perdamaian yang diadakan oleh Lins Club dengan judul kasih sayang, saling pengertian dan perdamaian adalah merupakan komposisi yang luar biasa. Bagaimana tidak, satu kegiatan langsung membawa dengan tiga makna serta  harapan melalui menggambar.

Selanjutnya, Bude Karwo menambahkan, kalau di program PKK yakni yang merupakan program kami pada anak usia dini ini dimasukkan dalam program PAUD Integratif, dimana program pendidikan ini adalah pendidikan yang lengkap dan kita selalu ikut mendampingi. Mulai dari pendidikan edukatif, kesehatan, ketrampilan sampai pada pendidikan sosialisasi bagi anak- anak usia dini yakni usia emas ( 2 – 5 tahun) dengan tujuan agar anak- anak yang merupakan asset bangsa masa depan ini tumbuh kembang yang sehat dan berkualitas sesuai dengan harapan orang tua serta bangsa Indonesia.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bude Karwo mengatakan, Lions Club adalah organisasi sosial yang tidak memandang ras, agama serta partai politik. Untuk kedepan, PKK akan bekerjasama dengan Lions Club agar dapat bersinergi dengan program kerja PKK  dalam menjalan atau melakukan bahkti sosial untuk kesejahteraan masyarakat dengan harapan bisa lebih focus dan terprogram  serta lebih luas lagi jangkauannya.

Sementera itu,ketua panitia Ela Ekasari Gunawan mengatakan, kegiatan lomba menggambar poster perdamaian ini sudah tiga kali diselenggarakan dan tempatnya juga di grand City mall Surabaya. Karena kegiatan ini secara rutin dilakukan setiap tahunnya.Dan kegiatan ini dilakukan secara serentak tidak hanya di Indonesia saja melainkan juga dilakukan di seluruh dunia, dengan harapan agar dunia selalu dalam suasana damai penuh cinta kasih serta saling pengertian.

“ Lomba menggambar poster perdamaian ini diadakan dengan harapan agar anak- anak sejak dini sudah mempunyai rasa saling menghargaidan kasih saying serta rasa penuh kedamaian, sehingga kedepan anak yang merupakan generasi penerus bangsa ini bisa berfikir positif dan berkualitas,” jelasnya.

Untuk itu, Lions Club sebagai organisasi yang berdiri sejak tahun 1917 lalu, dan saat ini sudah berdiri atau terbentuk dan diikuti oleh  259 negara denga naggota lebih dari 90 ribu kelompok ini ingin memberikan sumbang sih bagi anak bangsa masa depan. Sesua dengan visi dan misi Lions Club yakni tidak membedakan asal suku, agama atau politik. Yang ada hanya satu tujuan dan harapan yakni kerja sosial murni  yang ingin memberikan bantuan meningkatkan kesejahteraan  masyarakat. Harapannya, agar semua masyarakat yang ada di muka bumi ini bisa sama- sama merasakan apa yang ada atau dirasakan oleh orang yang berada lebih diatasnya.

Ela menambahkan, kerja sosial yang selama ini telah dilakukan oleh lions Club jatim atau Surabaya antara lain memberikan bantuan sosial pada penyandang kanker, memberikan bantuan dranband serta photographer dan bantuan kacamata bagi 4.600 anak SD di Jatim. Selain itu, juga bantuan sosial dengan bentuk menanam pohon di jember yang jumlahnya lebih dari 20 ribu pohon. Dan Lomba yang diikuti lebih dari 90 anak usia dibawah 13 tahun ini, terbagi menjadi tiga kategori yakni kategori A,B dan C. Untuk kategori A, adalah anak usia balita ( TK), dan kategori B, anak usia 6 tahun sp 9 tahun sedang untuk kategori C adalah anak usia 10 tahun hingga 12 tahun.

Bagi pemenangnya, nanti bisa mengikuti lomba serupa  ke tingkat nasional sampai ke tingkat internasional di Tokyo dengan hasiah sebesar 2.500 Dollar Amerika plus tiket Orang Tua dan anak yang mengikuti lomba. (eri)