03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Anggota DPRD Harus Kuasai Tupoksi

orientasi bagi anggota dprd kabupaten kota periode 2014-2019Surabaya, KabarGress.Com – Agar Selamat mengemban tugas sampai di akhir jabatan, kita semua termasuk anggota DPRD harus bekerja sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi). Tupoksi anggota DPRD mempunyai tiga tanggungjawab, yaitu tanggung jawab terhadap pemilih/rakyat, tanggung jawab terhadap konstitusi dengan segenap turunannya, dan tanggungjawab terhadap partai.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf saat membuka Orientasi Bagi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Periode 2014 – 2019 Angkatan IX yang diselenggarakan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur, di Hotel Singgasana Surabaya, Rabu (17/9) malam.

Lebih lanjut diuraikan, tanggungjawab terhadap pemilih berarti anggota DPRD harus setia kepada pemilih. Makanya, ia perlu memperhatikan kebutuhan, juga permasalahan yang terjadi di masyarakat. “Pemilih merupakan tangan-tangan Tuhan, yang entah apa alasannya mau memilih kita. Memang tidak mudah untuk memperhatikan konstituen karena memerlukan biaya dan tenaga,” jelasnya.

Tanggungjawab terhadap konstitusi dengan segenap turunannya, mempunyai arti setia kepada Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan Undang-Undang Dasar 1945. Hal tersebut menurut Gus Ipul panggilan akrab Wagub, sangat penting agar dalam melaksanakan tugas selalu berhati-hati, tertib administrasi, dan cermat sesuai dengan peraturan yang ada.

Tanggungjawab yang ketiga adalah tanggungjawab terhadap partai, mempunyai arti setia kepada partai yang mencalonkannya. Anggota DPRD terpilih harus ikut menjaga partai yang mencalonkannya agar partai tetap sehat sehingga dapat diikuti oleh masyarakat.

“Pada intinya, tupoksi yang berisi tiga kesetiaan tersebut mempunyai makna agar kita semua dalam menjalankan tugas sesuai dengan porsinya. Dengan demikian, Insyaallah kita akan selamat sampai di akhir masa jabatan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Pusat Diklat Managemen Pembangunan, Kependudukan dan Keuangan Daerah Badiklat Kemendagri Drs. Budi Antoro, MBA mengatakan bahwa karena yang memilih anggota DPRD adalah rakyat melalui pemilu, maka anggota DPRD mempunyai tugas mengemban amanat rakyat selama lima tahun.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, bahwa anggota DPR dengan tiga fungsi.Pertama fungsi legislasi yaitu pembentukan peraturan daerah bersama-sama kepala daerah.

Kedua fungsi anggaran. DPRD harus mampu meneliti apakah rencana anggaran atau alokasi dana yang dibuat kepala daerah sudah sesuai dengan visi dan misi nya. Dan terakhir adalah fungsi pengawasan, dilakukan dengan cara memeriksa implementasi Perda dan anggaran yang direncanakan, apakah sudah dilaksanakan dalam pelaksanaan pembangunan.

Sementara itu Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jatim Dr. Saiful Rachman, MM, M.Pd mengatakan bahwa Orientasi Bagi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Periode 2014 – 2019 Angkatan IX Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur mempunyai sasaran mewujudkan sinergi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan daerah antara DPRD dengan Pemerintah Daerah. Acara tersebut dilaksanakan mulai selama empat hari (17 – 20 September), atau setara 33 jam pelajaran. Jumlah peserta sebanyak 200 orang. Yang terdiri dari 20 orang dari Kabupaten Ponorogo, 50 orang Kabupaten Pasuruan, 45 orang Kabupaten Nganjuk, 45 orang Kabupaten Probolinggo, 25 orang Kota Mojokerto, dan 15 orang dari Kabupaten Bangkalan.

Sampai dengan Angkatan IX, anggota DPRD terpilih periode 2014 – 2019 yang telah mengikuti orientasi sebanyak 1.612 orang, terdiri dari 1.377 orang dari kab/kota se Jatim dan 235 orang dari delapan kab/kota yang tersebar di empat provinsi. (eri)

Teks foto: Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. Saifullah Yusuf memberikan paparannya di hadapan anggota DPRD Kabupaten/Kota yang mengikuti orientasi di Hotel Singgasana Surabaya, semalam (foto kiri). Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. Saifullah Yusuf memberikan selamat kepada peserta orientasi anggota DPRD Kabupaten/Kota Angkatan IX Tahun 2014 – 2019 yang digelar di Hotel Singgasana Surabaya.