03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Halal Bihalal dengan Keluarga Besar Dispenda

Pakde Karwo Halal Bihalal dengan Keluarga Besar DispendaSurabaya, KabarGress.com – Gubernur Jatim Pakde Karwo berhalal Bihalal dengan keluarga besar Dispenda Prov.Jatim, di Kantor Dispenda Prov Jatim Jl Manyar Kertoarjo Surabaya, Sabtu (9/8).

Dalam kesempatan itu Pakde Karwo mengatakan, Jatim sekarang dan kedepan dibentuk dari cara mengelola hati. “Oleh karena itu saya berterima kasih kepada para Kepala Dispenda terdahulu yang  sudah mendidik dan meletakkan fondasi moralitas, etika, profesionalitas dan loyalitas. Hal ini menjadi bagian penting dalam pengembangan Jatim. Tolong mutiara silaturahmi dan kerukunan yang sudah ditanamkan seperti ini jangan ditinggalkan, akar yang sudah ditanam para pimpinan terdahulu jangan dicabut, hal ini yang membuat kita kangen, ruh pertemanan. Nilai-nilai ini luar biasa jangan sampai dirusak. Belum ada Provinsi lain yang merintis seperti Dispenda Jatim antara PNS yang masih aktif bisa sama-sama dengan para pensiunan,” pesannya wanti-wanti.

Beberapa tahun silam, kata Pakde, Dispenda mempunyai masa kelam dikarenakan nafsu/ syahwat yang berlebihan dan kurang bagus dalam mengelola Dispenda sehingga hapir terseret bangkrut, urip harus sak madyo. Terima kasih atas kerja kerasnya untuk mengumpukan uang meski masih banyak tunggakan belum dituntaskan.

“Yang masih menjabat ingat, jangan hanya mencari uang, tugasnya adalah pelayanan, benahi SDM, layani dengan etis, hargai dan letakkan orang tua sebagai bagiankehidupan. Staf dispenda tidak hanya profesional tapi moral harus bagus, fungsi pelayanan publik sangat penting. Jangan sampai nafsu/ syahwat merusak, uang bisa membuat senang dan bisa membuat susah tergantung manajemen,” tutur pakde yang pernah menjadi staf sampai kepala Dispenda yaitu mulai tahun 1979- 2003.

Kepala Dispenda Prov. Jatim Boby Sumiarsono, SH, MSi mengatakan, halal bihalal ini merupakan acara dari kita untuk kita, sebagai sarana komunikasi antara pegawai yang masih aktif dan yang sduah purna tugas.

Undangan yang hadir dalam Halal Bihalal tersebut sebanyak 500 orang, terdiri dari pimpinan dan staf Dispenda yang masih aktif, dan yang sudah purna tugas yang tergabung dalam paguyuban ‘Intan sejati’ se Jatim, termasuk para mantan Kepala Dispenda Prov Jatim, yaitu Drs Mustakim, Drs Dyatmiko, Drs Suparyono, I Made Sutarya, Dr H Akhmad Sukardi, MM, masing-masing didampingi isteri

Sementara itu Guru besar universitas negeri Sunan Ampel Surabaya Dr KH Imam Mawardy dalam tausiyah mengatakan,orang yang bekerja apa adanya akan enjoy dalam hidup, sebaliknya kalau mengada-ngada pasti akan gelisah. Oleh karena tu dalam bekerja seharusnya jujur pada diri sendiri dan sesuai aturan supaya selamat.

Tidak ada pejabat yang terbebas dari ujian. Orang yang selalu berada di zona aman tiak enak. Dengan adanya ujian dan tantangan, maka orang akan banyak belajar dan biasanya lebih sukses.

Kapanpun dan dimanapun, tanamkan kebaikan, karena hal-hal yang negatif bisa dihilangkan dengan kebaikan. Harus semangat dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. “Hidup ini masih koma belum titik. Itu bisa dijadikan prinsip hidup, supaya orang bisa menjalani hidup dengan sewajarnya,” ujarnya.

Dalam acara silaturahmi itu Pakde Karwo juga menambah satu hadiah sepeda motor, melengkapi hadiah/ door prize yang disediakan yaitu dua sepeda motor, televisi dan mesin cuci. Semuanya untuk staf dan pensiunan, dan tidak berlaku bagi pimpinan. (Eri)