04/02/2021

Jadikan yang Terdepan

SAP dan Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB) Mengubah Big Data Menjadi Keputusan Cerdas untuk Meningkatkan Performa Pemainnya pada Piala Dunia di Brazil

* Proyek Inovasi Bersama antara SAP dan DFB Menghasilkan Solusi SAP® Match Insights

Jakarta, KabarGress.Com – Pada konferensi pers bersama di Campo Bahia, Brazil, SAP AG (NYSE: SAP) dan Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB) menegaskan kembali komitmen mereka untuk membawa sepakbola pada tingkatan selanjutnya dengan memperkenalkan solusi SAP® Match Insights untuk olahraga sepakbola, sebagai hasil dari proyek bersama antara SAP dan DFB. Solusi ini bekerja pada platform SAP HANA® yang ditujukan untuk memfasilitasi analisis latihan, persiapan, dan pertandingan. Solusi ini juga ditujukan untuk memampukan para pelatih dan pencari bakat dalam memproses sejumlah data yang sangat besar untuk menemukan dan mengkaji situasi-situasi penting dalam setiap pertandingan agar meningkatkan performa pemain dan tim.

Tujuan dari proyek inovasi bersama antara SAP dan para pelatih dari tim nasional Jerman adalah untuk membangun sebuah solusi inovatif yang dapat meningkatkan performa di lapangan untuk berlaga pada Piala Dunia. SAP Match Insights dibuat untuk memberikan tampilan fitur sederhana yang dapat digunakan oleh para pemain dan pelatih agar memfasilitasi dialog yang lebih interaktif dalam tim untuk mempersiapkan diri pada pertandingan selanjutnya.

“Keterlibatan SAP telah mentransformasikan pengalaman sepakbola bagi para pelatih, pemain, fans, dan media,” ujar Oliver Bierhoff, SAP Brand Ambassador dan Manajer Tim Nasional Jerman.

“Bayangkan hal ini: Dalam 10 menit, 10 pemain dengan 3 buah bola dapat menghasilkan lebih dari 7 juta data. SAP HANA dapat memproses hal tersebut secara real-time. Dengan SAP, tim kami dapat menganalisis jumlah data yang sangat besar ini untuk membuat penyesuaian program latihan dan persiapan pada pertandingan selanjutnya.”

Tim Nasional Jerman akan menggunakan SAP Match Insights pada fase adopsi awal untuk persiapan dan analisis pasca pertandingan dalam Piala Dunia di Brazil. Menyempurnakan portofolio produk industri SAP pada industri hiburan dan olahraga, SAP Match Insights dimaksudkan untuk ditawarkan pada klub-klub sepakbola lain dan juga federasi sepakbola lainnya.

“Saat ini masing-masing tim olahraga sedang mencari cara-cara inovatif untuk mendapatkan keunggulan kompetitif terhadap pesaingnya,” ujar Bierhoff. “Kami mewakili salah satu tim tersukses di dunia. DFB berkomitmen untuk menyediakan Tim Nasional Jerman dengan teknologi terbaik untuk memaksimalkan performa mereka. SAP memenuhi permintaan ini.”

Hasil insights solusi tersebut juga menguntungkan bagi media, yaitu memampukan mereka untuk memberikan komentar yang lebih baik. “Big Data merupakan sumber yang luar biasa bagi para pelatih dan pemain untuk menafsirkan informasi dan membuat kesimpulan-kesimpulan yang terinformasi untuk mengoptimalkan program latihan dan taktik,” ujar Fadi Naoum, Senior Vice President, Application and Innovation Head of Sports and Entertainment, SAP AG.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk membuat jenis informasi ini terakses bagi para jurnalis olahraga dan tentunya para fans.”

Di tahun 2013, SAP dan DFB telah mengumumkan kemitraan untuk meningkatkan proses bisnis federasi sepakbolanya. Baru-baru ini, kemitraan tersebut telah diperluas untuk dapat berinovasi bersama dalam solusi-solusi berbasis peranti lunak untuk menyempurnakan performa para pemain Tim Nasional Jerman di lapangan. SAP Match Insights adalah proyek pertama dalam hal ini.

Sebelumnya, DFB telah berhasil mengimplementasikan solusi SAP® CRM Rapid-Deployment powered by SAP HANA, juga peranti lunak SAP® Event Ticketing, keduanya bekerja dalam SAP HANA Enterprise Cloud.

“Dunia olahraga sedang berubah, dengan teknologi yang berinovasi di setiap area: pengalaman para fans, pemantauan performa pemain, manajemen tim, ticketing, dan operasi-operasi di lokasi pertandingan,” kata Stefan Wagner, Managing Director, SAP Labs di Brazil. “DFB tertarik untuk menjadi pelopor transformasi dalam industri ini. Dengan solusi yang disediakan SAP, kami bersama-sama telah siap untuk transformasi ini dan kesuksesan pada Piala Dunia.” (ro)