31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Pangarmatim Lepas Pelayaran ASEAN Cadet Sail 2016

img-20160910-wa0066-800x599Surabaya, KabarGress.com – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., beserta Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Mayor Jenderal TNI (Mar) Guntur IC. Lelono melepas pelayaran KRI Dewaruci Aji dalam rangka Asean Cadet Sail 2016 yang berlangsung di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya. Jum’at, (09/09/2016).

Sekilas tentang KRI Dewaruci tahun 1952 di galangan H.C. Stulchen & Sohn Hamburg Jerman Barat. Diluncurkan 24 Januari 1953 dan dibawa berlayar ke Indonesia oleh Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) di bawah pimpinan Kapten kapal A.F.H Roosenow. Pada 1 Oktober 1953 KRI Dewaruci yang saat ini dikomandani oleh Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji masuk dalam jajaran Armada RI dan diresmikan sebagai Kapal latih bagi Taruna Akademi Angkatan Laut yang berbasis di Surabaya.

Dalam kegiatan Asean Cadet Sail 2016  dipimpin oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Kolonel Laut (P) Isworo Sulistyanto, S.H., M.A.P., yang jabatan sehari-harinya sebagai Kepala Departemen (Kadep) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) AAL, merupakan latihan dan praktek pelayaran integrasi Taruna ASEAN yang berlangsung selama 26 hari mulai dari tanggal 10 September 2016 s.d. 06 Oktober 2016 melalui rute Surabaya – Mataram – Bali – Makassar – Balikpapan – Semarang – Surabaya.

img-20160910-wa0010Para peserta terdiri dari Taruna Akademi Angkatan Laut ASEAN, yaitu Indonesia sebanyak 25 Taruna AAL Angkatan 62, dan 26 Kadet Gabungan dari negara Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Philipina, Vietnam, Thailand, Kamboja, dan Myanmar.

Pangarmatim menyampaikan di hadapan para wartawan bahwa maksud dilaksanakannya Asean Cadet Sail 2016 yang baru pertama kali digelar, bertujuan  mempererat hubungan kerja sama antara negara-negara ASEAN, dan menjalin hubungan yang harmonis karena para Kadet merupakan calon-calon pemimpin di masa mendatang di negaranya.

Lanjutnya, Kegiatan ini merupakan kesepakatan para Kepala Staf Angkatan Laut di ASEAN menyambut kerjasama dan persahabatan ini dapat terus berjalan dengan baik, sehingga kedepan  hubungan Indonesia khususnya TNI Angkatan Laut negara  ASEAN  agar lebih solid. KRI Dewaruci selain sebagai kapal latih juga merupakan  kapal untuk melaksanakan pelayaran keliling dunia dengan misi menjalin persahabatan dengan negara-negara yang disinggahi, ujar Laksda TNI Darwanto yang menjabat Komandan KRI Dewaruci periode 1998-2001.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan S.E., M.M., Komandan Danguskamlatim Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., Komandan Danguskamlabar Laksma TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., Wagub AAL Laksma TNI R. Edi Surjanto, S.E., M.M., Dirdok Kodiklatal Laksma TNI Irwan  Achmadi, M. Tr. (Han), Komandan Guspurlatim Kolonel Laut (P) Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., dan Para Pejabat Utama Koarmatim, Para Pejabat Teras AAL, Para Komandan Satuan dan Komandan Unsur Jajaran Koarmatim. (ro)