11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Sukses Lakukan Network Quality Improvement dan Precise Marketing, Pelanggan XL Antusias Migrasi ke Simcard 4G

XL 4G LTE-800x593Surabaya, KabarGress.com – Keberadaan layanan 4G LTE terbukti telah mampu meningkatkan kualitas layanan internet PT. XL Axiata Tbk (XL). Sejak layanan  internet 4G LTE hadir di Indonesia, maka tuntutan pasar juga berubah. Para pelanggan dan pengguna layanan mobile internet akan menghendaki kualitas yang benar-benar prima agar mereka bisa menikmati dan merasakan kenyamanan memanfaatkan layanan data secara maksimal.

Akses pada layanan yang bersifat visual, terutama video akan terus meningkat. Video akan menjadi format layanan data untuk berbagai keperluan, baik untuk edukasi, promosi, presentasi, hingga hiburan. Untuk dapat menikmati layanan 4G LTE XL yang tercepat dan stabil, pelanggan harus menggunakan handset 4G LTE, dengan SIM 4G XL.

Vice President XL East Region – Desy Sari Dewi mengatakan,“Untuk mensukseskan pengguna layanan 4G LTE ini, XL melakukan 2 project yaitu network assurance (melalui network quality improvement) untuk memberikan pengalaman yang berkualitas di jaringan XL dan cara pendekatan yang baru untuk “menyentuh” pelanggan yang tepat melalui precise marketing.”

Precise Marketing yaitu cara baru untuk mengidentifikasi pelanggan potential yang menggunakan handset 4G namun  belum melakukan upgrade simcard. Migrasi pengguna SIM 4G XL telah dilakukan dalam rangka meningkatkan efek dan efisiensi dari kampanye pemasaran, XL bekerjasama dengan Huawei melakukan cara yang inovatif yaitu, membuat precise marketing pada waktu yang tepat dan tempat yang tepat, membidik orang yang tepat melalui pemasaran yang tepat metode. Dengan bantuan jaringan data dari platform CEM Huawei, XL meluncurkan program yang tepat 4G migrasi pengguna dari Mei 2016, yang didukung oleh jaminan jaringan dalam nama NQI (Jaringan Peningkatan Kualitas).

Precise Marketing terdiri dari 3 cara :
– Precise Campaign
pelanggan di area yang potential menggunakan analisis big data pelanggan.
Misalnya : menghadirkan POR, SMS, LBA dsb ke potential pelanggan. Agar melakukan migrasi simcard dan mencoba layanan 4g XL.

– Precise 4G site planning
Menempatkan distribusi site 4G kepada potensial user di titik yang tepat agar dapat menghadirkan layanan 4G yg berkualitas dan memperbaik ROI (return of investment) 4G.

– Experience Improvement
Pengamatan dan manajemen pengalaman pelanggan menggunakan 4G pada top aplikasi (APP) sehingga dapat menghadirkan kepuasan dan pengalaman kualitas yg baik di 4G.

Desy menambahkan inisiative ini membawa hasil lebih dari 28 ribu pelanggan di Denpasar dan lebih dari 23 ribu pelanggan di Surabaya melakukan migrasi simcard ke 4G hanya dalam 2 bulan setengah, pelanggan yang melakukan migrasi pada titik yang dilakukan campaign meningkat 260% dengan dilakukannya precise marketing. Observasi selama 4 bulan terakhir menunjukkan bahwa >80% pelanggan yg melakukan migrasi masih active (yang berarti XL berhasil mempertahankan loyalitas pelanggan) serta terdapat peningkatan penggunaan traffic data dari pelanggan yg telah melakukan migrasi naik lebih dari 2x lipat (rata-rata dari 600 MB menjadi 1.400 MB/pelanggan )

Hasil tersebut menunjukkan bahwa inisiative melakukan NQI dan Precise Marketing telah berhasil membuat pelanggan merasakan kualitas jaringan 4G XL, sehingga pelanggan merasa loyal dan puas terhadap kualitas jaringan XL 4G LTE. (ro)