31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Banyak Persiapan Fisik dan Mental Sambut Kelahiran Bayi

* Sambut Hari Anak Nasional 2016, Siloam Hospitals Surabaya Gelar Seminar Bertema “Periode Emas 1.000 Hari Pertama Kehidupan”

IMG_20160723_115215-800x600Surabaya, KabarGRESS.com – Menjadi seorang ibu, terutama untuk pertama kalinya, adalah pengalaman yang tak terlupakan sekaligus panggilan yang mulia. Ada banyak persiapan fisik dan mental yang perlu dilakukan oleh orangtua dalam menyambut kelahiran seorang bayi. Pengetahuan akan nutrisi, tumbuh kembang bayi serta konsultasi kesehatan sangat penting dimiliki oleh para ibu baru.

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional, Siloam Hospitals Surabaya mengadakan Media Gathering dengan tema “Periode Emas 1.000 Hari Pertama Kehidupan”. Dokter spesialis Siloam Hospitals Surabaya berbagi ilmu kepada rekan-rekan media seputar kehamilan, persalinan dan pertumbuhan anak dengan harapan materi yang disampaikan dapat menjadi manfaat bagi masyarakat.

“Sangat penting bagi seorang ibu hamil untuk mengenal tahapan proses perkembangan janin, sehingga dia tahu nutrisi apa yang dia butuhkan serta risiko apa yang perlu dihindari,” ujar dr. Harry K Gondo, SpOG, spesialis kebidanan dan kandungan Siloam Hospitals Surabaya, di sela-sela acara Media Gathering, di Hotel Shangri-La Surabaya, Sabtu (23/7/2016).

“Kontrol rutin dengan pemeriksaan USG setiap bulannya juga penting untuk memonitor perkembangan bayi dan mendeteksi dini kelainan yang mungkin diderita.” Saat ini skrining USG serta prenatal testing melalui pemeriksaan darah ibu dapat menginformasikan keadaan bayi dengan akurasi yang tinggi.

Periode setelah sang bayi lahir pun tidak kalah pentingnya. Dengan semakin meningkatnya kasus bayi prematur, para ibu juga perlu mengetahui tanda bahaya saat persalinan, dan juga tata cara perawatan bayi baru lahir agar tidak menyebabkan kekhawatiran yang berlebihan.

Menurut dr. Mahendra, SpA, idealnya persalinan Caesar juga didampingi oleh dokter spesialis anak agar kondisi bayi yang baru lahir dapat diperiksa secara menyeluruh dan apabila diperlukan tindakan darurat, dokter dapat langsung menstabilkan kondisi bayi di NICU (Neonatal Intensive Care Unit).

Siloam Hospitals Surabaya juga mendukung lnisiasi Menyusui Dini (IMD) dan juga program ASl Eksklusif. IMD dilakukan dengan segera meletakkan bayi di dada ibu (ada kontak kulit ibu dan kulit bayi sekurang-kurangnya 1 jam untuk memberikan kesempatan kepada bayi menyusu sesegera mungkin).

Manfaat dari lMD antara lain merangsang keluarnya ASl, memberi kekebalan pada bayi serta meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayinya. Pelayanan klinlk laktasi juga tersedia di Siloam Hospitals Surabaya untuk para ibu yang mengalami kesulitan dan memerlukan panduan dalam menyusui. (ro)

Teks foto: dr. Mahendra, SpA, bersama dr. Harry K Gondo, SpOG.