31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Pentingnya Pengetahuan akan Tiroid, Prodia Gelar Seminar Dokter

Roadshow Talkshow di 16 kota besar; Malang, Medan, Manado, Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Balikpapan, Bogor, Bandung, Padang, Pekanbaru, Palembang, Surabaya, Banda Aceh, Semarang, Makassar

IMG_20160723_090309-800x600Surabaya, KabarGRESS.com – Bertempat di Ruang Auditorium Lt. 9 Grha Prodia Surabaya, World Health Organization (WHO) baru-baru ini memperkirakan sekitar 750 juta penduduk dunia mengalami gangguan tiroid, bahkan bisa melebihi prevalensi diabetes nantinya. Indonesia sendirl menduduki peringkat tertinggi di Asia Tenggara dalam gangguan tiroid, yang mempengaruhi Iebih dari 1,7 juta orang menurut hasil survei terbaru lMS Health. Oleh sebab itu, penegakan diagnosis dan tata laksana dini sangat menentukan prognosis penderitanya. Penatalaksanaan penyakit tiroid yang tepat didasarkan pada diagnosis hasil tes laboratorium.

Dengan masih banyaknya kasus gangguan tiroid dan pentingnya perhatian khusus akan penyakit ini, melatarbelakangi Laboratorium Klinik Prodia mengadakan roadshow dokter dengan tema “Good Doctor For the Great Family – Seminar on Managing Thyroid Disorders” di 16 kota besar dan Surabaya merupakan kota kedua belas setelah Palembang yang menyelenggarakan semnas dokter ini kemudian dilanjutkan kota-kota besar Iainnya. Sebagai pembicara dalam seminar tersebut, yaitu Dr. dr. Sony Wibisono, SpPD KEMD dan Dr Marita Kaniawati, M.Si. Sedangkan sebagai moderator seminar tersebut adalah dr. Hermina Novida, SpPD, K-EMD.

Kelenjar tiroid memilliki fungsi yang penting, yaitu sebagai pengendali utama metabolisme tubuh sehingga berperan penting dalam kesehatan tubuh seseorang. Oleh sebab itu perlunya perhatian khusus bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat menyadari datangnya gangguan yang bisa terjadi pada kelenjar tiroid ini dimana jika dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi kronis. Tanpa penanganan yang tepat, gangguan kelenjar tiroid bisa berakibat fatal terhadap kesehatan bahkan bukan tidak mungkin gangguan tiroid bisa menyebabkan kematian.

Pemahaman pemeriksaan fungsi tiroid adalah berdasarkan apa yang diukur daiam suatu tes, kemampuannya dan faktor lain yang mempengaruhinya. Adanya perkembangan yang sangat pesat dalam teknologi pemeriksaan laboratorium, seperti peningkatan sensitivitas dari spesufisitas metodologi pemeriksaan, menjadikan pemeriksaan laboratorium sangat penting untuk diagnosis, terapi dan pemantauan penyakit tiroid.

Memasuki era Next Generation Medicine, Lab Klinik Prodia bertransformasi dengan meluncurkan visi baru di tahun 2016: Layanan Kesehatan Terpercaya Menunjang Pengobatan Generasi Baru (Transforming Towards Reliable Next Generation Health Care). Demi mencapai visi ini, Prodia mengembangkan berbagai teknologi dan aplikasi baru, antara Iain di bidang diagnostik molekuler, Mass Spectrometry, dan teknologi multiptex di laboratorium klinik, dengan didukung oleh sistem validasi metode yang kuat. Semua ini adalah persembahan Prodia untuk Indonesia. (ro)