12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul dan Whisnu Sakti Hadiri Deklarasi Komunitas ‘Rek Ayo Rek’ di Siola

Deklarasi RAR diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia RayaSurabaya, KabarGress.com – Ada pertunjukan berbeda saat deklarasi Komunitas “Rek Ayo Rek” (RAR) saat hari bebas kendaraan di Jalan Tunjungan, Minggu pagi (6/3/2016). Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf dan Wakil Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana manggung bareng dan tampil menghibur ratusan warga yang tengah berolahraga pagi. Tak pelak, penampilan langka di depan umum ini jadi “rebutan” masyarakat untuk mengambil foto keduanya.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, mengapresiasi kegiatan ini karena dinilai meneruskan tradisi mantan Presiden Soekarno yang mewariskan semangat gotong royong. “Bung Karno pernah berpesan, bahwasanya Pancasila itu kala diperas setiap silanya berintikan gotong royong. Nah, mari kita sebagai generasi sekarang tak pernah berhenti menggelorakan semangat itu,” kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Di kesempatan sama, Wakil Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana, berterimakasih karena “Rek Ayo Rek” sebagai komunitas yang mewakili warga kota telah membuktikan kepeduliannya. “Siapa saja yang ikhlas membangun kota ini maka Pemkot dengan sangat terbuka mengapresiasinya. Kegiatan semacam ini jangan dijadikan formalitas saja, tapi bergerak ke depan demi mewujudkan pembangunan Surabaya tercinta,” katanya.

Whisnu Sakti Buana dan Gus Ipul ikut bermain musik Patrol di sela-sela acara deklarasi RARKetua Umum Komunitas “Rek Ayo Rek”, Herman Rivai, mengatakan pelaksanaan deklarasi komunitas sengaja digelar di Jalan Tunjungan. “Karena di jalan menjadi bagian dari sejarah Surabaya mempertahankan Kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap semangat kepedulian dan kegotongroyongan mampu menggugah warga untuk terlibat dalam pembangunan kota. “Kesadaran warga kota sangat penting untuk menciptakan suasana Surabaya kondusif. Bersih-bersih di jalan menjadi sangat berguna dan bermanfaat yang harapannya menular ke semua warga,” ucap Wakil Ketua DPRD Surabaya 2004-2009 itu.

Tidak hanya bersih-bersih Jalan Tunjungan, bakti sosial yang dihadiri sejumlah legislator DPRD Surabaya beserta ratusan warga itu juga digelar deklarasi komunitas “Rek Ayo Rek” dengan hiburan musik patrol yang menyanyikan lagu-lagu khas Surabaya maupun perjuangan serta pelepasan burung.

Gus Ipul, Whisnu Sakti Buana dan komunitas RARKomunitas “Rek Ayo Rek” digagas oleh sekelompok masyarakat yang terdiri dari para jurnalis, pegiat sosial kemasyarakatan, LSM, akademisi, pengamat sosial, pejabat aktif di eksekutif-legislatif dan lainnya yang menaruh kepedulian terhadap kemajuan Surabaya dan Jawa Timur.

Komunitas ini bergerak bersama untuk mendorong kemajuan Surabaya dan Jawa Timur yang lebih bermartabat dengan mengembangkan nilai nilai solidaritas dan kegotongroyongan. (ro)

Teks foto:

  • Deklarasi RAR diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
  • Gus Ipul bersama Whisnu Sakti Buana ikut bermain musik Patrol.
  • Berfoto bersama usai acara deklarasi RAR.