01/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Jelang Pilkada, Para Pimpinan Daerah Bertemu dalam FORKOPIMDA

Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi menyampaikan sambutan sekaligus membuka silaturahmi forkopimda dilingkungan Bakorwil Pamekasan yang diselenggarakan di Hotel Pullman Surabaya.Surabaya, KabarGress.com – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau FORKOPIMDA sangat penting untuk memaksimalkan fungsi koordinasi antar pimpinan daerah dalam mengatasi dan menangani persoalan di masing-masing daerah, terutama menjelang pilkada serentak 9 Desember mendatang. Hal ini disampaikan oleh Sekdaprov Jatim Dr. H. Akhmad Sukardi, MM saat membuka acara FORKOPIMDA se-wilayah Bakorwil Pamekasan di Hotel Pullman Surabaya, Kamis (12/11).

Menurut Sukardi, forum silaturahmi ini bertujuan untuk mengumpulkan para pimpinan daerah terutama menyambut pilkada serentak. Selain itu, dari forum ini dharapkan dapat lahir kerjasama antar daerah yang saling menguntungkan. “Melalui silaturahmi ini diharapkan ada kerjasama antar kab/kota di bawah wilayah Bakorwil Pamekasan, sehingga ada sinergi diantaranya, missal di bidang industri maupun kuliner”, ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, kerjasama antar daerah diperlukan untuk menyinergikan kekuatan dari masing-masing daerah dalam memajukan kesejahteraannya. Selain itu, dengan adanya kerjasama yang baik, dapat mencegah dan memperkecil timbulnya konflik maupun “ego daerah”.

Sekdaprov Jatim Akhmad SukardiSukardi juga meminta FORKOPIMDA untuk memfungsikan kembali Pusat Pengendalian Krisis (PUSDALSIS) di daerahnya sehingga informasi bisa langsung terhubung dengan PUSDALSIS provinsi.

Di akhir sambutan, ia mengatakan bahwa menjelang pilkada serentak, para PNS diminta untuk bersikap netral, terutama yang kepala daerahnya mencalonkan kembali menjadi pemimpin. Tak hanya itu, media massa juga diminta untuk berperan dalam mengantisipasi konflik vertikal dan horisontal.

Tahun ini, ada 19 daerah di Jatim yang melaksanakan pilkada serentak, 4 diantaranya masuk wilayah Bakorwil Pamekasan, seperti Sumenep, Gresik, Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Menjelang 9 Desember mendatang, perlu diantisipasi terjadinya kerawanan-kerawanan dan konflik di daerah pemilihan. Sengketa atau konflik seperti munculnya gugatan saat tahapan perhitungan dan penetapan harus diwaspadai. Tak hanya itu, kedekatan pemilih dengan calon akan menimbulkan rasa sentimen yang sangat tinggi sehingga memicu gesekan antar pendukung di lapisan bawah.

Kepala Bakorwil Pamekasan, Dr. H. Asyhar, MM, dalam sambutannya mengatakan, FORKOPIMDA ini merupakan agenda tahunan para pimpinan daerah se-wilayah Bakorwil Pamekasan dalam mencari solusi bersama atas berbagai persoalan strategis yang terjadi di wilayah masing-masing.

Menurutnya, dalam forum kali ini akan dibahas mengenai antisipasi kerawanan kemanan dan ketertiban masyarakat, terutama menjelang pilkada serentak.

Acara yang mengambil tema “Menciptakan Kamtibmas aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada serentak dan mendorong terwujudnya kerjasama antar daerah” ini dihadiri oleh perwakilan unsur-unsur pimpinan daerah termasuk TNI-POLRI yang ada di wilayah Bakorwil Pamekasan, seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, serta empat kabupaten yang ada di Pulau Madura. (hery)