HUT ke 77, RSUD dr. Soetomo Siap Go Internasional

SEKDAPROV JATIM LEPAS JALAN SEHAT DALAM RANGKA HARLAH  RSUD DR.SOETOMO KE 77 JUMAT PAGI (2)Surabaya, KabarGress.com – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. H. Akhmad Sukardi menegaskan, bahwa RSUD dr. Soetomo siap Go Internasional. Pemprov Jatim terus berkomitmen menjadikan masyarakatnya selalu sehat. “Kami ingin terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di RSUD dr. Soetomo. Bahkan kami ingin memperbesar kapasitas pelayanan yang ada saat ini untuk di tingkatkan sehingga bisa Go Internasional,” ujarnya saat melepas Jalan Sehat HUT ke 77 RSUD dr. Soetomo Surabaya, Jumat (13/11).

Ia mengatakan, Pemprov Jatim akan mendorong RSUD dr. Soetomo untuk menambah standart pelayanannya. Soetomo saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menuju akreditasi bertaraf internasional. Dalam hal ini, Kementrian Kesehatan menetapkan sistem Akreditasi Internasional yakni Joint Commission Internasional (JCI).

JCI merupakan lembaga badan akreditasi yang pertama kali terakreditasi oleh Internasional Standart Quality (ISQua) selaku lembaga penilai akreditasi internasional. Akreditasi JCI ini menjadi fokus komitmen utama dalam pencapaian bagi RSUD dr. Soetomo untuk mendapat pengakuan berstandar internasional.

“Ini yang menjadi wujud nyata bagi peningkatan profesionalisme bagi setiap rumah sakit yang mendapatkannya. Nantinya, jika JCI terpegang menjadikan RSUD dr. Soetomo sebagai satu-satunya rumah sakit yang berakreditasi internasional,” tegasnya.

Sekdaprov menjelaskan, bahwa JCI mendasarkan penilaiannya pada standarisasi pelayanan kesehatan yang berfokus pada keselamatan pasien, mutu pelayanan, keperawatan kepada pasien, koordinasi asuhan keperawatan serta struktur yang dibutuhkan.

Program kesehatan merupakan salah satu unsur dari kesejahteraan masyarakat. Pemprov Jatim menilai bahwa RSUD dr. Soetomo sudah melakukan banyak perbaikan-perbaikan yang sudah terasa hasilnya. “Dengan kerja keras dan keterlibatan semua pihak di RSUD dr. Soetomo ini diharapkan dukungan dari masyarakat, pengusaha, investor hingga instansi pemerintah dan swasta menjadikan RSUD dr Soetomo menjadi maju dan berkembang,” imbuhnya.

Ia berharap, dukungan bagi semua pihak bagi kemajuan dr. Soetomo untuk menuju pelayanan kesehatan yang bermutu. Semoga HUT ke 77 ini menjadi tonggak penyemangat bagi semua pihak untuk terus membangun dan membersarkan RSUD dr. Soetomo.

Sementara itu, Plt RSUD dr. Soetomo, dr. Harsono mengatakan, bahwa RSUD dr. Soetomo harus mempunyai standart internasional seperti JCI. JCI ini berperan sebagai alat untuk meningkatkan standart pelayanan hingga paripurna. Selain itu, standart internasional menjadikan RSUD dr. Soetomo bisa memberikan Safety bagi pasien.

Selanjutnya, menuju go internasional RSUD dr. Soetomo harus memperhatikan kualitas layanan hingga sarana dan prasarana infrastruktur, alat-alat kesehatan hingga kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dari dokter hingga perawat. “Ini harus standart internasional. Pengakuan ini yang ingin kita kejar. JCI bukan sebagai tujuan melainkan sarana untuk menjadikan RSUD Soetomo menjadi terstandart internasional,” pungkasnya. (hery)

Leave a Reply


*