12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Dandim Perintahkan Anakbuahnya Dampingi Petani Tingkatkan Panen

Dandim Perintahkan Anakbuahnya Dampingi Petani Tingkatkan PanenBangkalan, KabarGress.com – Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., menghimbau kepada Koramil sampai Babinsa di jajaran Kodim 0829/Bangkalan, untuk meningkatkan hasil panen padi di wilayahnya dengan terus aktif melakukan pendampingan kepada petani, Senin (28/09/2015).

Hal tersebut dilakukan oleh DanramilKapten Cpl Subandi dan Babinsa Koramil 04/Burneh dalam membantu petani panen padi seluas 1 hektar di Desa Jambu Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan.

Selain Danramil dan Babinsa, petani juga didampingi petugas penyuluh lapangan (PPL) Kantor Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bangkalan.

Danramil Koramil 04/Burneh Kpt Cpl Subandi selaku pendamping kelompok tani di Desa Teluk Sungkai Desa Jambu Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan mengatakan, bahwa kegiatan pendampingan ini merupakan wujud kerjasama antara TNI, Distan, PPL dan para petani dalam upaya meningkatkan produksi pangan.

Menurut Kapten Cpl Subandimengatakan, hasil tanam jagung terlihat subur dan diharapkan hasil panen mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Terlebih dengan adanya program TNI membantu para petani untuk terciptanya swasembada pangan pada tahun 2015 ini.

“Untuk melakukan budidaya jagung hibrida, kami menenkankan kepada petani, tentang beberapa tips cara menanam jagung hibrida yang benar, dari mulai memilih benih, menyiapkan lahan tanam, penanaman jagung, perawatan tanaman jagung, hingga pemanenan jagung yang melimpah”, terangKapten Cpl Subandi.

Lanjutnya, dalam membantu petani, TNI tidak hanya pada saat panen saja. Namun sejak mulai pembibitan hingga panen juga turun tangan ikut mengawasi, bersama gabungan kelompok tani (Gapoktan).

“Sehingga usai panen para petani bisa memahami apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan guna menghadapi musim tanam selanjutnya,” tutupnya.  (hery)