01/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Dorong Industri Teknologi di Surabaya, Start Surabaya dan EMTEK Selenggarakan Startup Sprint

Surabaya, KabarGress.com – Surabaya merupakan salah satu pusat perekonomian dengan tingkat pertumbuhan yang sangat cepat. Dengan jumlah penduduk yang mencapai sekitar 3,110,187 orang di tahun 2012, Surabaya berkembang sebagai Kota Metropolitan. Posisi strategis Kota Surabaya sebagai pusat kegiatan ekonomi masyarakat tidak hanya di Jawa Timur namun juga bagian timur Indonesia. Terdapat lebih dari 60 Universitas di Surabaya yang merupakan sebuah tempat yang tepat untuk menciptakan ekosistem perusahaan rintisan teknologi yang dibangun oleh anak muda.

Start Surabaya bersama PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTEK) mempersembahkan Startup Sprint, sebuah kompetisi bagi perusahaan rintisan berbasis teknologi untuk mencari solusi yang bermanfaat dan menyelesaikan berbagai permasalahan besar negeri ini, dari Surabaya untuk Indonesia lebih baik. Startup Sprint membuka kesempatan bagi perusahaan rintisan digital yang berasal dari Surabaya untuk tumbuh menjadi perusahaan global.

Representatif dari Group EMTEK dan Founder dari Seekmi.com, Nayoko Wicaksono, menuturkan keyakinannya bahwa Surabaya akan tumbuh menjadi pusat industri kreatif dan teknologi nasional. “Surabaya merupakan kota dengan modal yang sangat lengkap untuk mengembangkan industri kreatif dan teknologi, di mana anak muda dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah, bahkan nasional. Sebagai kota pelabuhan yang banyak disinggahi pendatang, Surabaya punya talenta-talenta terbaik dari berbagai daerah di Indonesia, dan mereka memiliki daya juang yang tinggi untuk membawa perubahan melalui teknologi”

“Jelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 Indonesia harus bergerak menuju bentuk ekonomi baru yang berbasis pengetahuan dan berlandaskan modal intelektual dan kreativitas manusia (knowledge-based economy). Melalui Startup Sprint, kami ingin mendorong masyarakat agar memulai bisnis dengan menciptakan solusi atas permasalahan sosial menggunakan teknologi. Kami juga berupaya untuk terus mendorong berbagai inisiatif dan kolaborasi antara berbagai pihak untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat melalui teknologi,” pungkas Nayoko.

Sepuluh finalis akan berkesempatan untuk dibimbing oleh para mentor berpengalaman dan mendapatkan fasilitas untuk bekerja di coworking space terbaik di Surabaya, Forward Factory bersama dengan beberapa techno start up nasional terbaik. Selain itu 3 (tiga) tim terbaik juga akan mendapatkan hadiah senilai 50 juta rupiah dan 7 (tujuh) tim lainnya mendapatkan 25 juta rupiah. Pemenang utama akan mendapatkan hadiah sebuah perjalanan ke Silicon Valley untuk berkunjung dan bertukar pengalaman dengan para pelaku industri teknologi kelas dunia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Startup Sprint, pihak penyelenggara telah mengadakan roadshow di berbagai kampus di Surabaya, yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Ciputra, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Surabaya dan Universitas Kristen Petra. Untuk informasi lebih lengkap tentang pelaksanaan Startup Sprint, Anda bisa membuka laman http://startsurabaya.com/startupsprint/. (ro)