27/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Pameran Inovasi Riset dan Seminar Riset Kreatif dalam Research Week UK Petra 2015

Pameran Inovasi Riset dan Seminar Riset Kreatif dalam Research Week UK Petra 2015Surabaya, KabarGress.com – Sebagai institusi pendidikan Universitas Kristen Petra wajib menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya dengan menghasilkan riset penelitian yang berdampak bagi kepentingan masyarakat. Ialah Research Week hadir selama satu minggu mulai Senin-Jumat, 21-25 September 2015 di UK Petra. “Research Week ini merupakan wadah untuk menampilkan hasil karya penelitian baik dosen maupun mahasiswa sebagai wujud kontribusi UK Petra bagi kemajuan masyarakat dan bangsa sekaligus memberikan solusi isu global”, urai Dr. Juliana Anggono, S.T., M.Sc. selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UK Petra.

Research Week UK Petra berfokus pada tiga fokus penelitian yaitu Sustainable Engineering, Masyarakat-Budaya dan Ekonomi Kreatif. “Ketiga fokus ini merupakan kebutuhan nasional masyarakat kita. UK Petra membantu membangun masyarakat lokal sesuai dengan kemampuan UK Petra”, ungkap Juliana lebih lanjut. Mengambil tema Impacting The Nation Through Research ini akan digelar berbagai kegiatan mulai dari pameran poster, produk penelitian, seminar hingga diskusi film. Sejumlah kurang lebih 80 poster karya dosen dan mahasiswa akan dipamerkan. Contohnya fokus Sustainable Engineering akan dipamerkan poster mengenai kampung vertikal karya mahasiswa dari Program studi Arsitektur. Tak kalah menariknya, sejumlah pameran karya dari Program Studi Teknik Elektro, Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Interior dan Informatika. juga akan meramaikan Research Week ini.

Tri Risma Harini Bercengkrama dengan Rektor UK PetraTak hanya itu saja, berbagai seminar juga digelar. Selasa, 22 September 2015 mulai pukul 13.30 – 15.30 WIB di Auditorium UK Petra bertajuk Local Content Dalam Pengembangan Industri kreatif dengan narasumber Drs. Kresnayana Yahya, M.Sc. Sementara itu, fokus Sustainable Engineering akan di bahas dalam seminar pada hari Rabu, 23 September 2015 di RK IV mulai pukul 10.00 WIB dengan pembicara Ir. Jimmy Nurdi Kusuma Priatman, M. Arch selaku pakar Green Building Program Studi Teknik Arsitektur UK Petra dengan tema Sustainable Development: Concept and Application in Building dan dilanjutkan dengan Ricky Elson sebagai Pencipta dan Pengembang Mobil Listrik bertajuk Pengembangan Energi Terbarukan: Peluang dan Tantangan Aplikasi Turbin Angin dan Mobil Listrik di Indonesia.

Sedangkan pukul 13.30 – 15.30 WIB akan berbicara mengenai Telepresence Robot oleh Handry Khoswanto, ST., MT dan Batik pada Media Kayu oleh Andereas Pandu Setiawan, S.Sn., M.Sn serta Mobile Application for Public Transport oleh Ir. Djoni Haryadi Setiabudhi, M.Eng. Yang tak kalah menariknya, akan ada juga diskusi Film Inside Out pada hari Jumat, 25 September 2015 mulai pukul 14.00 WIB.