Whisnu Sakti Buana Ajak Guru dan Siswa Nobar

Whisnu Sakti BuanaSurabaya, KabarGress.Com – Wakil Wali (Wawali) Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana, hari ini menggelar acara nonton bareng (nobar) film Battle of Surabaya. Acara yagn digelar di Surabaya Town Square (Sutos) XXI ini diikuti ratusan siswa dan sejumlah guru dari SMA komplek yang terdiri dari SMA 1,2,5 dan 9.

Wawali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana sesaat sebelum acara nobar mengatakan, kegiatan ini memiliki dua tujuan. Pertama, sebagai bentuk apresiasi terhadap film animasi karya anak bangsa. Rencananya, film animasi berteknologi 2D ini akan didistribusikan oleh Walt Disney.

“Yang kedua, agar generasi muda tidak meninggalkan sejarah bagaimana para pendahulu mendirikan republik ini. Film ini sarat dengan nilai-nilai kesejarahan, terutama perang Surabaya,” katanya.

Ketua DPC PDIP Kota Surabaya ini mengungkapkan, film-film seperti Battle of Surabaya sangat layak untuk ditonton, terutama anak usia sekolah. Film ini menjadi penting untuk ditonton karena alur ceritanya sangat jauh dari kepentingan dari penguasa saat ini. Pada zaman Orde Baru (Orba), siswa diwajibkan menonton film sejarah tapi ternyata alur ceritanya tidak sesuai dengan kenyataan.

“Saya akan minta pada Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya untuk mengagendakan acara seperti ini (nobar film nasional) tiap tahun,” terangnya.

Terkait dugaan adanya kepentingan menjelang pilwali Surabaya, pria yang kembali maju sebagai bakal calon wawali mendampingi Tri Rismaharini ini dengan tegas tidak ada kaitannya. Alumni SMA 9 Surabaya ini menegaskan, nobar ini murni sebagai bentuk apresiasi terhadap karya anak bangsa.

“Sejak saya dan Bu Risma (Tri Rismaharini) mendaftar ke KPU, kami berjanji tidak akan berkampanye sampai habis masa jabatan kami pada 28 September mendatang,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Battle of Surabaya merupakan film produksi MSV Pictures. Ini merupakan karya perdana sutradara muda Aryanto Yuniawan. Tokoh dan cerita yang ditampilkan adalah fiktif. Namun berlatar belakang sejarah perjuangan bangsa Indonesia saat perang Surabaya 1945. (tur)

Teks foto: Whisnu Sakti Buana.

Leave a Reply


*