26/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Terima Penghargaan Mabida Peduli dari Presiden Jokowi

Gubernur Jatim Soekarwo saat menerima plakat penghargaan sebagai Mabida Peduli Pramuka dari Presiden RI Joko Widodo dipuncak peringatan Hari Pramuka ke 54 di Bumi Perkemaan Cibubur Jkt,.Jakarta, KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo menerima penghargaan Mabida Peduli bidang Pramuka dari Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi). Penghargaan Mabida Peduli merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka atas kontribusi nyata dari Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) dalam memajukan gerakan Pramuka di Jatim.

Penghargaan tersebut diterima langsung Pakde Karwo sapaan akrabnya pada acara peringatan Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur, Minggu (16/8).

Pakde Karwo terlihat bangga atas diperlolehnya penghargaan Mabida Peduli. Penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa Pramuka Jatim telah turut andil memberikan perhatian serta kepedulian luar biasa terhadap perkembangan dan kemajuan gerakan Pramuka Indonesia. Selain Jatim, Kwarnas Gerakan Pramuka juga memberikan penghargaan serupa kepada Provinsi Jawa Barat dan Papua Barat.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi yang selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka meminta, Gerakan Pramuka harus memiliki mental dan kepribadian yang kuat, pantang menyerah dan disiplin. Selain itu, Pramuka harus inovasi dan senantiasa hidup sejahtera dengan memantapkan nilai-nilai Pancasila, Tri Satya dan Tri Dharma Pramuka dalam sanubari.

Gubernur Jatim Soekarwo bersama Kepala Bappedaprov Jatim Fattah Yasin  dan Menteri Bappenas Sofyan Jalil dipuncak peringatan Hari Pramuka ke 54 di Bumi Perkemaan Cibubur JktMenurutnya, cita-cita pembangunan adalah membangun bangsa yang berkepribadian. Namun, membangun bangsa tidak hanya membangun secara fisik saja, melainkan membangun jiwa dan raganya.

Presiden Jokowi menambahkan, terpenting dari Gerakan Pramuka adalah kebanggan menjadi bagian dari Pramuka Indonesia. Pramuka harus terus membangun tunas-tunas muda agar memiliki watak, kepribadian dan karakter luhur yang baik sehingga terbentuk jati diri tunas-tunas muda yang kokoh. “Pramuka adalah garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter. Jayalah Pramuka dan Jayalah Indonesia Raya,” tegasnya yang diiringi tepuk tangan seluruh undangan.

Ka Kwarnas Gerakan Pramuka Dr. Adhyaksa Dault SH, M.Si mengajak semua pembina, pengurus Gerakan Pramuka untuk menyatukan langkah, menyeragamkan semangat, seirama, satu tujuan dan tindakan serta bersepakat bersama-sama menjadi karakter sebagai pemimpin, penilai dan pengukur kesuksesan hidup melalui Gerakan Pramuka.

Ia menambahkan, Gerakan Pramuka terus fokus pada pendidikan dan pelatihan kaum muda yang bertumpu pada pembangunan karakter dan kecakapan melalui apa yang disebut sebagai metode ke Pramukaan. “Berarti hingga hari ini, sudah 54 tahun Gerakan Pramuka berkarya dalam menyiapkan generasi pemimpin bangsa dan negara,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Ir. H. Rb Fattah Yasin MS selaku anggota Majelis Pembimbing Daerah Jatim juga memperoleh penghargaan pada Hari Pramuka ke 54 Tingkat Nasional. Penghargaan diberikan oleh Presiden Jokowi berupa Lencana Darma Bakti Pramuka.

Sedangkan, lencana melati diberikan Presiden kepada Dr. H. Djoko Adi Waluyo MM anggota Majelis Pembimbing Gugus Depan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. (hery)

Teks foto:
– Gubernur Jatim Soekarwo saat menerima plakat penghargaan sebagai Mabida Peduli Pramuka dari Presiden RI Joko Widodo dipuncak peringatan Hari Pramuka ke 54 di Bumi Perkemaan Cibubur Jakarta.
– Gubernur Jatim Soekarwo bersama Kepala Bappedaprov Jatim Fattah Yasin dan Menteri Bappenas Sofyan Jalil dipuncak peringatan Hari Pramuka ke 54 di Bumi Perkemaan Cibubur Jakarta.