Gus Ipul Harapkan Jambore Perwosi Tingkat Nasional di Jatim

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf didampinggi Ketua Porwosi Jawa Timur Ibu Fatma Saifullah Yusuf Berfoto bersama dengan peserta Jambore Perwosi ke II di Bumi Perkemahan  Kampoeng CempinPasuruan, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf sangat antusias terhadap pelaksanaan Jambore Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Jawa Timur. Untuk itu, ia mengharapkan akan ada pelaksanaan Jambore Perwosi Tingkat Nasional di Jatim.

“Terima kasih kepada Perwosi Jatim yang mengajak masyarakat hidup sehat, bugar dan cerdas. Perwosi Jatim membuat sesuatu yang berbeda melalui kegiatan Jambore Perwosi. Ini bisa menjadi kekuatan Jatim,” ujarnya saat Pembukaan Jambore Perwosi Jawa Timur II Tahun 2015 di Kampoeng Camping Ground Finna Golf & Country Resort Pasuruan, Jumat (5/6) sore.

Ia mengatakan, jambore ini bisa dikembangkan menjadi tingkat nasional. Sebab kegiatan ini memiliki banyak manfaat pada masyarakat khususnya kaum wanita. Jambore mengajak untuk menerapkan pola hidup sehat dalam rangka preventif. Apalagi kali ini, tema yang diangkat “Sehat, Bugar dan Cerdas bersama Perwosi melalui Olahraga Berwawasan Lingkungan dan Alam”.

Gus Ipul membuka secara resmi Jambore Perwosi Jawa Timur II Tahun 2015 dengan melepaskan balon. Setelah itu, Wagub Jatim meresmikan dan menandatangani prasasti Kampoeng Camping Ground yang berada di kawasan Finna Golf & Country Resort Pasuruan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Perwosi Jawa Timur Ny. Hj. Ummu Fatma Saifullah Yusuf menuturkan, Perwosi Jatim mengajak kepada para wanita untuk selalu sehat, bugar dan cerdas sebagai bekal melaksanakan peran kepemimpinannya dalam pembangunan masyarakat. Untuk itu, Jambore Perwosi Jawa Timur kembali diadakan. Perwosi Jatim merupakan satu-satunya Pengprov Perwosi yang menyelenggarakan jambore ini.

“Jambore Perwosi adalah saat yang ditunggu-tunggu para peserta untuk merasakan di alam terbuka. Jika jambore yang pertama dilaksanakan di Ubaya Training Center (UTC) Trawas Mojokerto, maka kali ini diikuti sebanyak 435 peserta dan dilaksanakan di Finna Golf dan Resort Country Prigen Pasuruan,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, Jambore Perwosi Jawa Timur merupakan ajang strategis untuk mempertemukan para pengurus Perwosi kabupaten/kota se-Jatim. Sehingga diharapkan kepada seluruh peserta mampu menciptakan kerjasama, keakraban dan kebersamaan.

Dalam jambore yang digelar selama tiga hari dua malam ini, peserta mendapatkan materi olah pikir diantaranya pengorganisasian, kepemimpinan, kedisiplinan, kerjasama, dan komunikasi interaktif. Metode pemberian materi melalui outbond.

“Melalui materi olah pikir ini, para peserta tahu bagaimana seharusnya menjadi seorang pemimpin yang mampu mengelola sebuah organisasi, dapat membangun kebersamaan dengan seluruh anggota melalui komunikasi yang efektif. Nantinya akan terbangun motivasi kerja untuk mencapai tujuan organisasi,” jelasnya.

Selain itu, para peserta juga diajak untuk berinteraksi dengan lingkungan alam dengan kegiatan olah fisik melalui jogging track sejauh 4 km, maupun Senam Rekreasi Perwosi Jawa Timur seri 2. Kegiatan olah fisik ini bertujuan untuk kebugaran sekaligus mempertebal rasa cinta terhadap alam dan lingkungan, serta dapat memberikan pemahaman arti pentingnya pemeliharaan lingkungan alam bagi keberlanjutan masyarakat.

Menurutnya, saat peserta kembali ke daerah masing-masing, nantinya dapat bersama-sama lebih bersemangat menjalankan roda organiasi sesuai tujuan Perwosi sebagai penggerak olahraga yang ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat terutama kalangan wanita dan khususnya anak-anak perempuan.

Seluruh peserta tidur dalam tenda berwarna hijau yang berisi 30 orang per tenda. Masing-masing tenda dinamakan nama-nama cabang olahraga seperti Muay Thai, Karate, Golf, dan sebagainya. (hery)

Teks foto: Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, didampinggi Ketua Porwosi Jawa Timur, Fatma Saifullah Yusuf, berfoto bersama dengan peserta Jambore Perwosi ke II di Bumi Perkemahan Kampoeng Camping Ground yang berada di kawasan Finna Golf & Country Resort Pasuruan.

Leave a Reply


*