29/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Pakde dan Bude Karwo Hadiri Pengukuhan Kerukunan Keluarga Kalimantan

Gubernur Jatim Pakde Krwo memberikan sambutan pada acara Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pengurus Harian Kerukunan Keluarga Kalimantan Jatim tahun 2015-2020 di rumah makan Flamingo Surabaya (2)Surabaya, KabarGress.com – Gubernur Jatim Pakde Karwo dan Bude Karwo menghadiri acara Pengukuhan Pengurus Harian Kerukunan Keluarga Kalimantan (K3) Jatim periode 2015 – 2020, di restoran Flamingo Jl Gentengkali 51-53 Surabaya, Jum’at (5/6) malam.

Seusai dilantik oleh Ketua Dewan Pembina K3 H Ma’mun Hasan, Pengurus yang berjumlah 43 orang, dengan Ketua K3 Terpilih yaitu H Ardiansyah, SH mendapat ucapan selamat dari Pakde Karwo dan Bude Karwo sebagai Pelindung K3 Jatim.

Pakde Karwo dalam kesempatan itu mengatakan, tidak banyak yang mengetahui bahwa Bude Karwo asal usulnya berasal dari Kalimantan, mungkin karena terlalu lama tinggal di Solo.

Ia menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua keluarga kalimantan yang tinggal di Surabaya dan Jatim atas peran dan partisipasinya dalam membangun Jatim. Kehadiran keluarga Kalimantan di Jatim telah banyak berperan dalam menciptakan suasana aman tenteram sehingga warna Jatim menjadi lebih beragam, yang mencerminkan nilai kebersamaan dan pluraslisme Indonesia yang khas.

Kehadiran keluarga Kalimantan di Jatim tidak saja mendatangkan manfaat secara ekonomis melalui aktivitas bisnisnya. Tetapi secara sosial budaya keluarga Kalimantan juga telah memperkaya pluralisme warga Jatim.

“Jatim dengan berbagai suku, budaya/ kultural dan agama menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Pluralisme warga dan budaya masyarakat Jatim ini justru memperkuat status warga Jatim sebagai masyarakat yang dinamis dan terbuka. Hal ini merupakan realsiasi ideologi Pancasila dalam kehidupan keseharian tentang pluralisme secara konkrit,” tegasnya.

Pakde dan Bude Karwo hadiri Malam Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pengurus Harian Kerukunan Keluarga Kalimantan Jatim tahun 2015-2020 di rumah makan Flamingo SurabayaDiharapkan K3 di Jatim lebih meningkatkan aktivitas dan karyanya di Jatim sehingga bisa merasakan manfaat yang lebih besar. Sinergitas yang datang dari dua potensi besar ini yaitu Kalimantan dan Jatim bisa menjadi modal dasar yang sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan yang lebih baik.

K3 harus membangun gedung perkantoran yang tetap, hal ini untuk memudahkan komunikasi dengan seluruh warga K3 di Jatim. Jika memerlukan renovasi pembangunan gedung, Pemprov Jatim siap membantu, Melalui forum silaturahmi ini, saya membuka pintu yang seluas-luasnya kepada lima provinsi se Kalimantan untuk saling memanfaatkan peluang tersebut.

Sementara itu Bude Karwo mengutarakan, kerukunan keluarga kalimantan ini sudah lama terbentuk, untuk menjaga tali silaturahmi banyak kegiatan yang dilakukan, baik yang bersifat sosial, ataupun pengajian. “Seluruh masyarakat bahkan sampai mahasiswa yang berada di Jatim, yang berasal dari empat provinsi yaitu kalimantan Selatan, Timur, Tengah, dan Kalimantan Barat, tetap rukun dan guyub sekali, bahkan sekarang ditambah dari Kalimantan Utara. “Kami sudah lama meninggalkan Kalimantan, dan ingin menyambung lagi tali silaturahmi,” ujarnya sambil tersenyum.

Suasana ramah tamah nampak sangat akrab, apalagi ketika bude Karwo melantunkan lagu daerah Kalimantan Selatan ‘Saputangan Bapuncu Ampat’ dan ‘The End of The World’, para anggota Kerukunan Keluarga Kalimantan (K3) ikut nimbrung menyanyi dan menari bersama. (hery)

Teks foto:
– Gubernur Jatim, Pakde Karwo, memberikan sambutan pada acara Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pengurus Harian Kerukunan Keluarga Kalimantan Jatim tahun 2015-2020 di rumah makan Flamingo Surabaya.
– Pakde dan Bude Karwo menghadiri Malam Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pengurus Harian Kerukunan Keluarga Kalimantan Jatim tahun 2015-2020 di rumah makan Flamingo Surabaya.