29/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Tabir Surya Tomat Lokal

Tabir Surya Tomat LokalSurabaya, KabarGress.com – Melihat kondisi cuaca Indonesia yang terik mataharinya sangat menyengat, membuat Novenia Amanda Chauwito membuat kosmetik herbal berbahan dasar buah tropis. Mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FF UKWMS) yang lebih tertarik pada perawatan daripada tata rias ini memutuskan untuk membuat krim tabir surya berbahan dasar buah tropis, yaitu tomat.

“Cuaca Indonesia yang panasnya minta ampun ini buat kulit kering, terus negeri kita kan kaya akan buah tropis, apalagi tomat yang mudah dicari dan murah. Ya, kenapa nggak dikombinasi saja?” paparnya. Buah tropis dengan nama lain Lycopersicum syn atau Lycopersicum escelentum ini mengandung vitamin A, B, B2, C, serta mampu menetralisir radikal bebas.

Dikarenakan terbuat dari bahan dasar herbal, maka SPF yang terkandung kecil yakni sekitar 3,95 ± 0,12, sehingga untuk pemakaiannya tidak disarankan untuk kegiatan yang terkena sinar matahari langsung. Bilamana inovasi ini ingin dikembangkan lebih jauh ke pasaran maka perlu adanya kombinasi bahan herbal dengan bahan sintetis sebagai persyaratan di pasaran dan pengujian lebih dalam oleh laboratorium terkemuka. Inovasi Novenia ini sudah diuji coba kepada 75 panelis dengan hasilnya, 50 orang suka akan krim tabir surya buah tomat dan 25 panelis sisanya tidak menyukai karena bau tomat yang sangat alami. Novenia tidak menambahkan parfum dalam inovasinya karena ia bersikukuh untuk menggunakan bahan herbal alami.

Selain sukses menyelesaikan studi tepat waktu, Novenia berhasil meraih predikat Akademik Terbaik dengan IPK 3,96 pada Wisuda Periode I 23 Mei 2015 mendatang. Ia berharap dapat melanjutkan studi mendalami kosmetik dan mewujudkan mimpi mendirikan usaha rumah cantik. (ro)