02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Teh Antioksidan dari Daun Beluntas

Teh Antioksidan dari Daun BeluntasSurabaya, KabarGress.com – Teh merupakan salah satu minuman yang sudah tak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Sebuah inovasi pangan terbaru dihasilkan oleh mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FTP UKWMS). Maria Olivia Halim, mahasiswa 22 tahun ini menciptakan teh yang berkhasiat bagi kesehatan. Menggunakan bahan daun teh hitam dan daun beluntas, ia menciptakan teh yang dapat bermanfaat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit degeneratif seperti kanker dan diabetes melitus.

“Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa daun beluntas yang merupakan tanaman liar mempunyai banyak manfaat dan kaya antioksidan. Dalam pemanfaatannya secara tradisional, daun beluntas baik digunakan untuk melancarkan pencernaan, mengurangi bau badan juga dapat menurunkan panas demam,”papar Maria.

Namun dalam penelitiannya ini, Maria lebih terfokus meneliti kandungan antioksidan yang ada di dalam daun beluntas. Daun yang memiliki bulu-bulu halus dipermukaannya tersebut, didapatkan Maria di Mangrove Wonorejo dan semak-semak yang tumbuh liar di daerah Pakuwon City. Butuh waktu enam bulan lamanya untuk mendapatkan enam pucuk pertama daun beluntas dengan kualitas terbaik. Sedangkan daun teh hitam yang digunakan, Maria mendapatkannya dari salah satu pabrik teh yang ada di Surabaya.

Pertama-tama teh hitam dan daun beluntas dihaluskan dengan cara di blender kemudian di ayak secara terpisah. Setelah itu, kedua bahan tersebut dijadikan satu dalam sebuah kantong teh dan kemudian dimasukan ke dalam kulkas agar senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun beluntas tidak hilang.

Berkat dari hasil penelitiannya tersebut, Maria behasil menyandang predikat Mahasiswa Akademik Terbaik dengan IPK 3.84. Maria yang kini bekerja di salah satu perusahaan kopi lokal di Surabaya ini berharap penelitiannya ini bisa diteruskan oleh adik kelas dan dapat berguna dalam dunia kesehatan. (ro)