15/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Pesawat Delay Lebih 3 Jam, Calon Penumpang Marah-marah

Para calon penumpang saat mendapatkan penjelasan dari petugas maskapaiJakarta, KabarGress.Com – Kemarahan para calon penumpang maskapai Lion Air tak terbendung sehingga menggaduhkan suasana Soekarno-Hatta Internasional Airport, Cengkareng, Rabu (13/05) kemarin. Pasalnya, petugas dari maskapai tidak bisa menjelaskan ketika ditanya tentang keterlambatan pesawat jurusan Jakarta – Surabaya tersebut.

Disamping harga tiket yang mahal, amuk calon penumpang juga dikarenakan pelayanan informasi petugas yang simpang siur. Petugas dinilai tidak transparan sehingga membuat suasana semakin gaduh ruang tunggu 8A terminal 1A domestik Soekarno Hatta Internasional Airport, Cengkareng – Jakarta.

Pesawat dengan nomor penerbangan JT259Y yang seharusnya berangkat pukul 18.20 WIB molor 4 jam menjadi pukul 21.30 WIB. Petugas lain dari maskapai tersebut dan pramugari berlarian saat keributan yang diwarnai dengan kontak fisik. Satu petugas yang ditawan calon penumpang itu nampak ketakutan saat berusaha menghubungi pihak pusat.

Selama tiga jam pihak maskapai tidak bisa memberi kepastian. Kompensasi makan malam yang diberikan petugas Lion Air ditolak mentah-mentah calon penumpang. Sebagai bentuk luapan emosinya, calon penumpang Lion Air tersebut melempar satu kresek yang berisikan 100 kotak nasi hingga berceceran.

Keributan sedikit reda ketika petugas lain turun tangan dan menjelaskan jikalau keterlambatan dikarenakan kerusakan pesawat. Solusi yang diberikan pihak maskapai adalah memberangkatkan pesawat dari Makassar. Namun calon penumpang tetap menuntut kompensasi ganti rugi sejumlah uang yang telah tertulis jelas dalam peraturan terhadap keterlambatan yang lebih dari tiga jam.

“Kami akan berusaha untuk segera mencari jalan keluar agar penumpang yang jumlahnya 160 orang tersebut segera kami berangkatkan menuju Surabaya dan kita beri kompensasi atas keterlambatan ini,” jelas petugas Maskapai Lion Air kepada seluruh penumpang waktu itu.

Petugas yang saat itu menjelaskan bahwa seluruh kru maskapai masih harus menunggu kedatangan pesawat dari Makassar dan seluruh penumpang diharuskan bersabar untuk menunggu. Meski dengan terpaksa, seluruh penumpang tersebut pun harus menunggu dengan sedikit emosi. Dan akhirnya merekapun diberangkatkan pihak maskapai pada pukul 21.30 WIB dengan pesawat dan nomor lambung yang sama. (cr-1)

Teks foto: Para calon penumpang saat mendapatkan penjelasan dari petugas maskapai.