29/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Sekdaprov: Semoga Tahun Depan Pesertanya Meningkat

Sekdaprov.Jatim Dr. H. AKH. SUKARDI, MM memberikan trophy  juara 1 tartil MTQ 2015 Jatim di acara Penutupan MTQ 2015 di Islamic Centre  Surabaya (1)Surabaya, KabarGress.com – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. H. Akhmad Sukardi berharap agar pelaksanaan MTQ Korpri unit SKPD/RS/Instansi Vertikal di Jatim pada tahun depan pesertanya lebih meningkat dibandingkan dengan tahun ini. “Semoga tahun depan pesertanya lebih banyak dibanding tahun ini. Jika perlu setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan instansi vertikal mengirimkan peserta sebanyak 10 orang atau lebih,” ungkapnya pada saat menghadiri acara penutupan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Korpri di Islamic Centre, Kamis (23/4).

Sukardi mengaku optimis, pesertanya tahun depan bisa meningkat karena melihat antusiasme seluruh anggota Korpri dan semangat dari peserta yang belum berhasil menjadi juara akan dibuktikan pada tahun depan. “Kalau bisa tahun depan pesertanya bisa 250 peserta, melebihi peserta tahun ini sebanyak 150 peserta. Jika perlu hadiah dan honor dewan juri juga ditingkatkan karena banyaknya peserta pada tahun mendatang,” imbuhnya yang diberi riuh tepuk tangan anggota Korpri yang memadati aula gedung.

Dalam sambutannya, Sekdaprov juga menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan momentum yang baik untuk membangkitkan semangat dan kesadaran bagi ummat islam dalam membaca dan mengamalkan perintah Al Qur’an.

Kegiatan ini juga dapat memotivasi timbulnya kader-kader kafilah yang mampu untuk mensyiarkan nilai-nilai keislaman di Al-Qur’an. “Sebagai anggota Korpri yang beragama muslim, hendaknya kita untuk selalu mendalami nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an,” ungkapnya.

Sukardi yang selaku Ketua Dewan Perngurus Korpri Prov Jatim  berpesan, kepada para pemenang untuk tidak berbangga diri. Akan tetapi, kemenangan tersebut agar dijadikan sebagai cambuk untuk lebih meningkatkan pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an.

Di hadapan anggota Korpri yang hadir Sukardi juga menitipkan kepada seluruh anggota Korpri untuk senantiasa menjaga ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT. Tujuannya, agar dalam melangkah dan bertindak sesuai dengan norma agama sekaligus dapat terhindar dari perbuatan yang mengarah pada pelanggaran.

“Saya ucapkan selamat kepada pemenang, MTQ Korpri ini. Semoga dengan kemenagan ini menjadi motivasi. Khususnya untuk lebih meningkatkan pemahaman tentag nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an,” harapnya.

Sementara itu, Plt. Sekretaris DP KORPRI Drs. Sukardo M.Si melaporkan bahwa pelaksanaan MTQ Korpri unit SKPD/RS/Instansi vertikal Prov. Jatim tahu 2015 yang berlangsung mulai tanggal 20 – 23 April telah berjalan dengan baik dan lancar, yakni terpilihnya Qori’ dan Qoriah.

Sukardo menjelaskan, bahwa untuk cabang yang dilombakan antara lain Syarh Al-Qur’an (Pidato) putri. Sedangkan, untuk cabang Tartil dan Tilawah Al-Qur’an terdiri dari putra dan putri dan diikuti sebanyak 150 orang dari 45 SKPD berasal dari anggota Korpri unit SKPD/RS/Instansi vertikal.

Ia mengatakan, bagi juara dari cabang yang ditetapkan masing-masing mendapatkan piala/trophy, piagam dan uang pembinaan. Untuk, Juara I mendapatkan Rp5.000.000, Juara II, Rp4.000.000 dan Juara III Rp3.000.000. Sedangkan untuk harapan I mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp2.000.000 dan harapan II mendapatkan Rp1.000.000.

“Kami laporkan, kepada Ketua DP Korpri, bahwa penentuan juara ditetapkan oleh dewan hakim dan majelis hakim. Harapan, dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta dijauhkan dari bencana bagi seluruh anggota Korpri,” tegasnya.

Untuk cabang, Tilawah Al-Qur’an Qori’  Masrur SHI RSU Haji (Juara I), Ir. Zuhdi Bapeda (Juara II), M.Ibrahim (Bakesbangpol) (Juara III). Sedangkan untuk Qoriah, diraih oleh Ihdiny dari Bapeprov (Juara I), Binafsih (RSUD Dr. Soetomo (Juara II), dan Susilo Khoirul B dari RSUD Dr. Saiful Anwar (Juara III).

Cabang Tartil untuk Qori’ Juara I diraih oleh Prahara Satria Ramadhan (BPM),  Juara II dari Su’ud SKM (RSU Haji) dan Juara III diraih oleh M.Soleh Hasan (Polda Jatim), Sedangkan untuk Tartil Qari’ah Juara I Maryatul Qibtiyah (RSUD dr. Soetomo), Juara II diraih oleh UMMU Latifah (Dispendik) dan Juara III Siti Rofiah (RSU.Haji). Sementara untuk Cabang Syarh Al-Qur’an untuk Juara Juara I Lailatul Nikmah ST, (Disperindag), Juara II Widaningrum, (Dipenda) dan III, Izza Ardiani S.Ag (Polda Jatim). (hery)

Teks foto: Sekdaprov.Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi, memberikan trophy juara 1 tartil MTQ 2015 Jatim, di acara Penutupan MTQ 2015, di Islamic Centre Surabaya.