22/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Wagub Apresiasi Kemajuan Pramuka Jatim

Wagub Jatim Saifullah Yusuf selaku Ka Kwarda Gerakan  Pramuka Jatim di acara Raker Gerakan Pramuka Jatim 2015 di RM. Agis  Pagesangan SbySurabaya, KabarGress.Com – Wakil Gubernur Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf memberikan apresiasi khusus kepada Pramuka Jatim karena telah menunjukkan kemajuan serta mempunyai inovasi yang membangun. “Salah satu inovasi yang membuat kesan pramuka dari kuno menjadi modern adalah dengan menyelenggarakan East Java Scouts Challenge (EJSC) tahun 2015,” ucap Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka Jawa Timur Tahun 2015 di Ruang Pertemuan Restoran Agis, Surabaya Selasa (31/3).

Menurutnya, penyelenggaraan EJSC 2015 menjadi terobosan terbaru di dunia kepramukaan. Pramuka dikemas menjadi lebih bagus, dan menjadi diminati oleh kalangan anak muda. “Apabila dulu dikenal kuno, sekarang anak muda mulai kembali berminat untuk mengikuti Pramuka. Oleh sebab itu, inovasi sangat penting dalam kemajuan pramuka. Karena peran pramuka bagi generasi muda bangsa Indonesia cukup penting. Banyak hal positif dapat diperoleh apabila mengikuti kegiatan Pramuka,” ungkapnya.

Ia menuturkan, sebaiknya disusun langkah-langkah konkrit untuk memajukan gerakan pramuka dengan tema atau kegiatan yang inovatif setiap tahunnya. Apabila tahun lalu, tema pramuka adalah Pramuka Pramuka Mantap, Pramuka Andalan apda tahun ini bertemakan Pramuka Jatim Siap Sebagai Pelaku Perubahan Untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.

Dijelaskannya, Jatim menjadi salah satu provinsi dengan perkembangan dan kemajuan gerakan pramukanya terbaik di Indonesia, serta diakui oleh pemerintah pusat bahwa Pramuka Jatim memiliki prestasi dan kinerja yang terbaik. Ini diperoleh karena kerjasama dari seluruh pengurus dan anggota gerakan pramuka. “Tidak hanya kerja saya sendiri, tetapi kerja gubernur, bupati, walikota, dan masyarakat yang punya komitmen untuk mengabdi di gerakan pramuka,” tutur Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim itu.

Menurutnya, dengan prestasi yang diraih tersebut menjadikan Pramuka Jatim mendapat mandat untuk terus mengambil bagian dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat. Ke depannya, pramuka ada pengabdian yang lebih baik dan dapat menangani isu-isu konkrit yang ada di masyarakat. (hery)

Teks foto: Wagub Jatim Saifullah Yusuf selaku Ka Kwarda Gerakan Pramuka Jatim di acara Raker Gerakan Pramuka Jatim 2015 di RM. Agis Pagesangan Surabaya.