27/09/2020

Jadikan yang Terdepan

330 Proktor dan Teknisi Ikuti Pelatihan Ujian Nasional Computer Based Test

Sidoarjo, KabarGress.Com – Sebanyak 330 proktor dan teknisi se-Jawa Timur (Jatim) mengikuti pelatihan Ujian Nasional (Unas) Computer Based Test (CBT), bertempat di Hotel Utami, Juanda, Sidoarjo, Jumat (27/3/2015).

Proktor pada pelaksanaan Unas CBT yang akan berlangsung 2 minggu mendatang, bertugas untuk memastikan token, password, peserta, pengaturan waktu ujian serta pengiriman soal bisa berjalan lancar. Sedangkan teknisi membantu perangkat dan jaringan aman dan tidak terjadi kendala apapun saat pelaksanaan Unas.

“Jatim siap untuk mengikuti Unas CBT pada 13 April 2015 mendatang. Melalui pelatihan mulai dari siswanya sendiri, gurunya, yang sudah dilaksanakan dan sekarang para proktor dan teknisinya, sudah dipastikan siap lah,” tegas Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Dr Harun Msi, kepada wartawan, di Hotel Utami, Jumat (27/3/2015).

Pada tahap akhir, dipastikan jumlah final SMP dan SMA yang mengikuti Unas CBT dari Jatim sebanyak 165 sekolah. Jatim yang terbanyak mengikuti Unas CBT, dari 585 sekolah se-Indonesia.

Walaupun pendaftaran sudah ditutup dan tidak memungkinkan untuk penambahan kuota, Dindik memberikan kesempatan pada sekolah yang ingin mengundurkan diri dari Unas CBT.

“Kesiapan ini harus melibatkan banyak pihak. Selain siswanya sendiri, guru, teknisi, proktor, kepala daerah masing-masing, sampai kepala dinas kab/kota juga harus terlibat dan mendukung pelaksanaan UN CBT yang pertama kali ini,” terangnya.

Merio Weiketas (29), Proktor dan Teknisi dari SMA Muhammadiyah 1 Gresik mengaku murid-muridnya siap untuk menjalani Unas CBT. “Simulasi yang dilakukan dua kali, awal Maret lalu, sudah pasti siap. Kami para teknisi dan proktor juga sudah siap untuk melaksanakan April mendatang,” tuturnya.

Menurutnya, untuk sekolah yang sudah terdaftar dalam program Unas CBT harus benar-benar mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar tidak mundur di tengah-tengah pelaksanaan Unas. (ro)