02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul: Makmurkan Masjid Lewat Berbagai Kegiatan

Gus Ipul didampingi Gus Irsyad Yusuf Bupati Pasuruan dan  Ketua Takmir Lukman Hakim menandatangani Persemian Masjid Syahid  Waryono2Pasuruan, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf meminta agar masjid tidak hanya diisi dengan kegiatan peribadatan saja. Akan tetapi, masjid harus digunakan untuk berbagai kegiatan bermanfaat. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri peresmian Masjid Syahid Waryono di Dsn. Telebuk, Ds Lemahbang Kec. Sukorejo Kab. Pasuruan, Minggu (22/3).

Ia mengatakan, masjid keberadaanya harus dimakmurkan untuk menunjang kegiatan ibadah. Salah satu cara untuk memakmurkan masjid yakni dengan membentuk Taman Pendidikan Al-Quran (TOQ), mendirikan koperasi atau kegiatan positif lainnya.

Menurutnya, masjid yang hanya digunakan untuk kegiatan ibadah saja tidaklah cukup. Harus ada kegiatan untuk memakmurkannya. “Sudah tidak ada zamannya lagi, masjid digunakan sebagai tempat ibadah saja. Jika tidak dimakmurkan masjid bisa dipastikan banyak tutupnya daripada bukanya,” ungkapnya.

Gus Ipul sapaan akrabnya mencontohkan, selain memakmurkan masjid, pengurus masjid juga harus memperhatikan kebersihan masjid. Masjid harus bersih dan nyaman agar setiap orang yang akan melaksanakan ibadah bisa terus khusuk. “Masjid hari ini harus nyaman. Sajadah harus bersih dan tertata dengan rapi. Termasuk tempat wudlu harus bersih dan lantainya tidak licin,” contohnya.

Ia berharap, jika masjid di makmurkan dengan berbagai kegiatan dan lingkungan masjid bersih, maka ibadah seseorang akan khusuk. “Mari kita makmurkan masjid dan dijaga kebersihannya, sehingga ibadah seseorang meningkat,” terangnya. (hery)

Teks foto: Gus Ipul didampingi Gus Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan dan Ketua Takmir Lukman Hakim menandatangani Peresmian Masjid Syahid Waryono.