02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Tak Kantongi Ijin, Armuji Sidak Carl’s Jr

ArmudjiSurabaya, KabarGress.Com – Ketua DPRD Kota Surabaya, Armuji, kamis (5/2/2015) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di restoran Carls Jr (restoran siap saji) yang terletak di Jalan Darmo depan kantor cabang Bank BCA Surabaya. Sidak ini dilakukan, lantaran banyaknya laporan warga kepada ketua DPRD bahwa tempat tersebut tak kantongi Ijin Gangguan (HO) dan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Armuji mengatakan, akan segera memanggil pihak manajemen Carls Jr untuk meminta penjelasan terkait tidak adanya HO dan IMB yang sampai saat ini tidak dimiliki oleh pihak Carls Jr. Serta, juga akan memanggil kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Wiwiek Widyanti.

“Insya allah minggu depan, kalau nggak hari rabu ya hari selasa kami akan segera mengundang pihak manjemen dan dinas terkait untuk meminta klarifikasi,”ungkap Armuji.

Sementara itu, Taufik selaku Humas Carl’s Jr yang sedang berada di Jakarta melalui ponselnya mengatakan jika saat ini pihaknya sudah mengajukan perubahan IMB. “IMB yang lama kita ubah dengan IMB yang baru. Ini masih dalam pengurusan. Kami minta waktu untuk ketemu dengan pihak dewan,” tandas Taufik melalui ponselnya kepada Armuji.

Permintaan Taufik pun disambut Armudji yang akan mengagendakan hearing pada Selasa atau Rabu minggu depan. “Kita akan kirim surat undangan hearing ke pihak manajemen,” janji Armudji.

Ditegaskan Armudji, bangunan ini sudah ada perubahan jadi IMB-nya pun harus berubah. “Kalau Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK) sudah sesuai karena kawasan ini sebagai tempat usaha. Tapi IMB-nya kan harus diubah. Kalau sudah tak mengantongi IMB, sudah pasti tempat ini tak memiliki HO. Kalau izin belum lengkap, jangan beroperasi lebih dulu. Ini butuh ketegasan pihak Satpol PP Kota Surabaya untuk menindaknya, tebang pilih atau tidak,” tandas mantan ketua Komisi C DPRD Surabaya periode 2004-2009.

Armudji juga menjelaskan, awalnya bangunan itu berlantai dua, tapi kini sudah berlantai tiga. Dewan sendiri mendapat laporan itu dari warga setempat. “Kalau masalah kemacetan, sementara kita tidak permasalahkan dulu. Kita hanya fokus pada masalah perizinannya saja,” ujar dia.

Terkait kawasan dan bangunan cagar budaya, Armudji sudah mengkonfirmasikan hal itu ke Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Wiwiek Widayati. Dari hasil konfirmasi itu, disebutkan jika kawasan bangunan yang kini jadi Carl’s Jr masih diusulkan menjadi kawasan cagar budaya. Dan kini hal itu masih dalam kajian Tim Cagar Budaya Surabaya. (tur)

Teks foto: Ketua DPRD Kota Surabaya, Armuji, kamis (5/2/2015) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di restoran Carls Jr (restoran siap saji) yang terletak di Jalan Darmo depan kantor cabang Bank BCA Surabaya.