02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

K-Vision Luncurkan Kanal Forum Dokter Indonesia

Jakarta, KabarGress.Com – Menyambut perkembangan teknologi, mulai hari ini melalui salah satu kanal di K-Vision, para dokter Indonesia dapat menikmati tayangan eksklusif, Forum Dokter Indonesia (FDI). Eksklusif dalam arti, kanal ini hanya bisa diakses oleh para dokter dan didedikasikan sebagai forum komunikasi para dokter di Indonesia.

Pada saatnya nanti, bagi masyarakat umum yang ingin mengakses info info kesehatan dan kedokteran, FDI channel juga akan membagi siarannya yang bersifat umum sehingga bisa dinikmati melalui channel khusus wanita di K-Vision.

Agung Adiprasetyo, CEO Kompas Gramedia menyambut baik kerja sama antara K-Vision dan FDI. “Ini adalah sebuah inovasi yang perlu kita fasilitasi. Dengan kanal FDI di K-Vision, dokter-dokter di Indonesia lebih mudah berkomunikasi. Farmasi pun akan lebih mudah mensosialisasikan obat-obatan yang selama ini tidak bisa diiklankan secara bebas.”

Program-program yang disajikan dibuat khusus berdasarkan kebutuhan dengan melibatkan organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai penanggung jawab atas setiap tayangan yang ada. Program ilmiah kedokteran mendapat porsi 80 % tayangan dan program umum kesehatan & kedoteran 20 %.

Alex Kumara, pemrakarsa FDI mengungkapkan bahwa Forum Dokter Indonesia dibuat untuk meningkatkan kompetensi Dokter di Indonesia melalui Sistem Kredit Point yang dibuat oleh Ikatan Dokter Indonesia. “Dengan berlakunya BPJS, hal ini menjadi makin penting, karena Dokter Umum akan menjadi garda terdepan dalam melayani kesehatan masyarakat.. FDI akan menjadi forum ilmiah di mana Dokter Ahli dapat berbagi ilmu dan pengalamannya dengan dokter-dokter lainnya,” ujarnya.

Beberapa program yang telah diproduksi adalah:

BERITA MEDIKA, yaitu sebuah program berita berformat magazine tv berisi tiga segmen tema pembahasan berbeda: kasus kedokteran, pengembangan serta penelitian penemuan terbaru, dan info tentang dokter berprestasi. Setiap segmen diperkuat dengan pernyataan dari orang-orang yang terlibat.

WIKI MEDIKA, program yang menampilkan informasi yang berhubungan dengan dunia kedokteran di Indonesia. Misalnya info sejarah, budaya, fenomena, event, atau kegiatan yang pernah ada dan berpengaruh pada dunia kedokteran di tanah air.

PROFIL DOKTER, sebuah program dokumenter berisi biografi sosok seorang dokter yang bercerita tentang apa dan siapa dirinya. Program ini juga menceritakan bagaimana perjuangannya dalam mewujudkan cita-cita sampai akhirnya terwujud dan bagaimana pengabdiannya setelah menjadi seorang dokter.

KLINIK MENTORING, sebuah program yang menampilkan kegiatan presentasi seorang dokter terhadap pengetahuan yang dimiliki, yang telah dipelajarinya secara khusus sesuai dengan bidang atau disiplin ilmu.

Untuk info info dibidang akademi kedokteran dirangkum dalam sebuah program bernama SOSIAL MEDIKA. Program ini menceritakan  beragam  hal berkisar di kehidupan dokter, seperti info seminar, ko-as, pendidikan, dan lain sebagainya.

Selain program-program di atas, sedang dipersiapkan program IDI CLUB, berisi tentang kegiatan diskusi yang membahas sebuah topik permasalahan yang sedang hangat di dunia kedokteran. Program ini menghadirkan orang-orang yang kompeten atas topik yang dibahas, sehingga menghasilkan sebuah opini dan solusi terbaik dari hasil diskusi.

Untuk informasi tentang perkembangan teknologi kedokteran,  program MEDIKAL UP DATE juga sedang dipersiapkan. Program ini akan membahas secara rinci mengenai fungsi, cara pengoperasian serta perawatan pada setiap peralatan terbaru yang menunjang kinerja dokter di Indonesia. Selain itu masih ada beberapa program lainnya yang siap untuk diproduksi seperti program talk show, hard news, dan lain lain.

Kerjasama antara Ikatan Dokter Indonesia dan Forum Dokter Indonesia channel sendiri dilakukan sejak tanggal 24 oktober 2013,  bertepatan dengan hari ulang tahun Ikatan Dokter Indonesia ke-63.

Selain Ikatan Dokter Indonesia, FDI juga membuka kerjasama dengan pihak-pihak lain yang berwenang dalam bidang kesehatan, farmasi, dan teknologi kesehatan sebagai narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing. (ro)