03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Kebun Mangga Persahabatan Tahap II Launching Mangifera indica var. Agri Gardina-45

Taman Mangga Persahabatan Graha NaturaSurabaya, KabarGress.Com – Kebun Mangga Persahabatan Tahap II Graha Natura yang berlokasi di Jl Raya Lontar, Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep, Surabaya Barat, sekarang sudah berhasil mengoleksi 75 jenis pohon mangga. “Kegiatan kali ini dalam rangka Peringatan Hari Pohon yang diselenggarakan Graha Natura, PT Intiland Grande. Ada varietas baru yang dilaunching dan ditanam hari ini yakni Agri Gardina 45 dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika-KP. Cukurgondang. Sehingga jumlah varietas mangga di kebun ini sudah 75 jenis,” ungkap Chief Financial Officer (CFO) PT Intiland Grande, David Hosea, di sela-sela acara, Minggu (23/11/2014).

Menurut David, tepat setahun yang lalu, Kebun Mangga Persahabatan ini dirintis dan dibangun di Graha Natura. “Ke depan, kita berharap bisa dijadikan wahana edukasi bagi anak-anak yang belajar khususnya aneka jenis mangga. Kalau untuk permulaan kita buka bagi Stakeholder dulu yang bekerjasama sehingga terwujudnya Kebun Mangga Persahabatan ini,” terangnya.

Kegiatan penanaman pohon mangga mengundang beberapa kalangan pengusaha, pecinta alam, komunitas pecinta alam, perguruan tinggi dan beberapa lembaga penelitian seperti Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika yang ada KP Cukurgondang, Grati, Pasuruan.

Sementara itu, Khoirul Mu’minin, SP, perwakilan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Badan Litbang Pertanian, mengungkapkan Agri Gardina-45 merupakan varian baru yang melewati masa penelitian selama 12 tahun. “Dan baru tahun ke 13 inilah Agri Gardina-45 dilaunching ke masyarakat luas,” jelasnya.

Menurutnya, Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika merupakan pemegang mandat penelitian mangga tentunya sangat terbantu dengan kerjasama ini, dimana hasil-hasil penelitian khususnya mangga akan bisa diadaptasi oleh semua kalangan termasuk perusahaan pengembang perumahan ini yang tanaman intinya adalah tanaman mangga.

Penanaman perdana dilakukan pada 24 Nopember 2013 di Kebun Mangga Persahabatan yang berlokasi sama di Perumahan Graha Natura. Tentunya langkah ini tidak serta merta terwujud tanpa adanya niatan yang serius dari pengembang yang diawali dengan survey dan konsultasi dengan lembaga penelitian baik yang ada di Badan Litbang Pertanian maupun LIPI. Yang dilanjutkan dengan membuat area pembibitan yang juga berfungsi sebagai sarana edukasi bagi penghuni baik orangtua maupun anak-anak mereka yang ditangani oleh tenaga yang kompeten.

Untuk pohon mangga yang sudah tua disarankan untuk dilakukan TOP WORKING, sehingga peremajaan bisa cepat dilakukan. Dengan konsep pembangunan perumahan dan kawasan yang berkonsep konservasi lingkungan tentunya akan memberikan nilai lebih dari hanya sekedar rumah sebagai hunian. (ro)

Teks foto: Perwakilan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Badan Litbang Pertanian, Khoirul Mu’minin (kiri), melakukan penanaman varietas terbaru mangga yaitu Mangifera Indica var. Agri Gardina 45 di kawasan Kebun Mangga Persahabatan tahap II Graha Natura, Minggu (23/11/2014).