03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Mahasiswa DKV UK Petra Mendapat Medali Gold dan Bronze dalam Pinasthika 2014

Saat Terima Medali GoldSurabaya, KabarGress.Com – Tiga mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) angkatan tahun 2011 UK Petra kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Ialah Robertus Ananta Edo, Cynthia Kurniawan dan Andry Setiawan Tjan berhasil menyabet Gold dan Bronze dalam ajang Pinasthika Creativestival XV bidang Graphic Design hari Sabtu tanggal 1 November 2014 yang lalu. Pinasthika Award 2014 ini merupakan ajang lomba yang diadakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) di Yogyakarta dengan mengusung tema The Changers. Dengan tema ini ingin menumbuhkankembangkan inovasi para creator di ranah lokal.

“Awalnya ini merupakan tugas kuliah dari DKV 5 akan tetapi untuk lebih memacu para mahasiswa maka para mahasiswa di minta untuk mengikuti lomba Pinasthika ini. Dari sekian banyak karya, ada seleksi dulu di jurusan”, urai Deddi Duto Hartanto., S.Sn., M.Si selaku dosen DKV.

Bersaing dengan para professional, tak membuat tiga mahasiswa UK Petra ini minder. Robertus dan Cynthia yang membawa pulang Gold ini bekerja sama dalam satu tim berjuang di kategori packaging. Mereka meredesign kemasan produk Q-Mochi. “Sebelumnya kemasan hanya kertas pembungkus biasa saja. Kami merancang kemasan ini di sesuaikan dengan asal mula kue Mochi yang dari Jepang, di ambil dari cerita dongeng. Desain ini kami buat secara unik dan lucu agar konsumen tertarik membelinya”, rinci Cynthia.

Sepintas design ini berbentuk seperti tabung biasa, akan tetapi jika di buka maka akan tampak lima susun tempat yang menyerupai anak tangga dengan karakter dongeng kisah Kelinci bulan sebagai latar belakangnya. “Sebelum kami membuat desaign ini, kami melakukan riset kecil-kecilan mengenai Mochi ini. Setelah satu minggu, akhirnya kami berhasil menyelesaikannya dan kami tidak menyangka berhasil menjadi juara,” tambah Robertus.

Naik Bensin. Itulah judul karya Andry Setiawan Tjan yang berhasil menyabet bronze dalam kategori T-Shirt. “Saya mendapat ide ini saat saya membaca beberapa media cetak, pemberitaannya semua mengenai BBM yang akan naik bersamaan dengan naiknya presiden baru. Lalu saya langsung terpikir untuk membuatnya dalam desain”, ungkap Andry.

Sangat singkat tapi ekspresif itulah karya mahasiswa asal Kalimantan Timur ini. Konsep desain ini adalah Metafora, dengan menggunakan visual pompa BBM sebagai karakter seakan-akan dia adalah presiden dan mengutarakan pesan yang sudah tidak dapat diihindari oleh masyarakat Indonesia. (ro)