26/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Tahukah Anda Mengapa Panda Berwarna Hitam dan Putih?

River SafariJakarta, KabarGress.Com – Panda yang berasal dari Cina adalah hewan yang sangat langka. Diperkirakan hanya ada sekitar 2000 sampai 3000 panda di seluruh dunia.

Bentuk tubuh panda sangat mirip dengan beruang, namun panda hanya berwarna hitam dan putih. Para ilmuwan menduga bahwa warna ini merupakan bentuk kamuflase yang efektif di habitat panda yang berbatu dan bersalju. Bulu panda sangat tebal untuk menjaga agar tubuh mereka tetap hangat.

Dua diantara panda yang langka ini tinggal di River Safari, bernama Kai Kai dan Jia Jia. Agar Kai Kai dan Jia Jia merasa nyaman, tempat tinggal mereka di River Safari dibuat sama persis seperti bentuk habitat mereka di alam bebas.

Pada bulan September kemarin Kai Kai dan Jia Jia baru saja merayakan ulang tahun, bersama dengan para pengunjung River Safari. Mereka telah bermukim di River Safari Singapore selama setahun terakhir dan merupakan salah satu hewan favorit para pengunjung.

Sama seperti panda lainnya, Kai Kai dan Jia Jia gemar sekali makan. Dalam sebulan, mereka berdua dapat melahap 200 kg batang bambu. Selain hobi makan, panda juga sangat gemar tidur. Kai Kai dan Jia Jia dapat tidur sampai 14 jam dalam sehari, jika tidak, mereka akan cepat merasa lelah dan tidak bersemangat. Tinggi badan seekor panda dewasa dapat mencapai 1,8 meter. Berat badan panda jantan dapat mencapai 160 kg dan panda betina antara 75 – 125 kg.
River Safari sebagai bagian dari Wildlife Reserve Singapore (WRS)

Wildlife Reserves Singapore adalah perusahaan induk dari atraksi – atraksi yang telah mendapat penghargaan seperti Jurong Bird Park, Night Safari, Singapore Zoo dan River Safari yang baru saja dibuka. WRS didedikasikan untuk mengelola berbagai macam atraksi kelas dunia yang mendukung konservasi alam dan penelitian serta mengedukasi pengunjung mengenai berbagai macam hewan dan habitatnya.

Sebagai organisasi independen, WRS berkolaborasi dengan berbagai macam rekanan, organisasi dan institusi yang bertujuan untuk menjaga keanekaragaman hayati baik lokal maupun global. Setiap tahun, Jurong Bird Park dikunjungi sekitar 800,000 pengunjung, Night Safar 1,1 juta pengunjung dan Singapore Zoo 1,7 juta. Atraksi terbaru dari WRS adalah River Safari yang baru saja dibuka pada 28 Februari 2014. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi www.wrs.com.sg. (ro)