Gus Ipul: Manfaatkanlah Hari Jumat dengan Kegiatan yang Bermanfaat

Gus IpulPasuruan, KabarGress.Com – Hari Jumat merupakan hari yang mustajab, menjadi penghulunya hari. Oleh karena itu manfaatkanlah hari Jumat dengan benar. Artinya memanfaatkan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Pesan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua PB NU Drs. H. Saifullah Yusuf atau Gus Ipul pada acara Istighosah Jumat Legi  PC NU Kabupaten Pasuruan dan Peresmian Klinik Al Mukhlashin, di Masjid Besar Al Mukhlashin Sukorejo – Pasuruan, Jumat (24/10).

“Sebagaimana yang telah dilakukan oleh para kiai, mereka memanfaatkan Hari Jumat dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Misalnya dengan melakukan kegiatan yang diajarkan oleh Rasul, antara lain Istighosah, Salawatan, Yasinan dengan berbagai majelis,” paparnya.

Lebih lanjut dicontohkan, para kiai satu bulan sekali setiap Hari Jumat melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Jami’ yang berada di kabupaten. Setelah itu mereka membahas permasalahan yang sedang terjadi di Negara kita, kemudian mencarikan solusinya.

“Mereka berdiskusi, bermusyawarah. “Itulah yang menjadikan keadaan kiai menjadi kuat, tidak mudah dipengaruhi oleh siapapun. Dan mereka menjadi kekuatan yang menopang keberadaan NKRI menjadi kuat,” lanjutnya.

Berkenaan dengan diresmikannya Klinik Pengobatan Al Mukhlashin oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, yang merupakan hasil kerjasama antara Masjid Besar Al Mukhlashin dan MWC NU Sukorejo, Gus Ipul memberikan apresiasi. Dengan diresmikannya Klinik Al Mukhlashin berarti NU telah membantu pemerintah dengan memberikan pelayanan kesehatan, yang keberadaannya dekat dengan masyarakat.

“Belum semua masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, utamanya masyarakat miskin karena tidak memiliki biaya,” ungkapnya.

Walaupun saat ini pemerintah telah memberikan asuransi kesehatan kepada masyarakat, yaitu dengan adanya BPJS Kesehatan.

Di Jawa Timur, saat ini baru sebanyak 14 juta warga tercover menjadi anggota, sehingga masih 24 juta warga Jatim yang belum dapat menikmatinya. Sehubungan dengan keadaan yang sedemikian, Gus Ipul berharap  NU mengkonsolidasi anggotanya menjadi peserta BPJS kesehatan sehingga kepesertaan BPJS Kesehatan warga Jatim cepat tuntas.

Sementara itu Bupati Pasuruan H. Irsyad Yusuf menyampaikan terimakasih kepada Kepengurusan PC NU Kab. Pasuruan yang mempunyai inisiatif mendirikan klinik kesehatan. “Balai kesehatan mempunyai tujuan memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Kita harapkan dapat meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) dari bidang kesehatan,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Gus Ipul didampingi Bupati Pasuruan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Islamic Center milik Masjid Besar Al Mukhlasin Sukorejo Pasuruan. Yang nantinya dapat dipakai oleh masyarakat sebagai kegiatan apapun, termasuk untuk pengembangan Agama Islam. (eri)

Leave a Reply


*