24/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Semarak Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 di Yogyakarta

Canon PhotoMarathon Indonesia 2014Yogyakarta, KabarGress.Com – Pemandangan istimewa terlihat di Jogja City Mall sejak pagi hari Minggu, 19 Oktober 2014. Pelataran pusat perbelanjaan terbaru di Yogyakarta tersebut diramaikan oleh sekitar 1800-an penggemar fotografi yang mengenakan atribut lengkap Canon PhotoMarathon Indonesia 2014. Para peserta dengan rompi dan topi merah khas Canon bersiap menunjukkan aksi dan kreasinya untuk menghasilkan karya terbaik di ajang fotografi terbesar di Indonesia dan Asia tersebut.

Kehadiran Canon PhotoMarathon Indonesia di Yogyakarta tahun ini merupakan kali yang keempat. Sebelumnya Canon PhotoMarathon Indonesia di Yogyakarta digelar di Gembira Loka Zoo (2013), Benteng Vredeburg (2012) dan Kompleks Candi Prambanan (2011). Pemilihan Jogja City Mall tahun ini memberikan warna yang berbeda pada penyelenggaraan Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 di Yogyakarta.

“Semangat dan kreativitas para penggemar fotografi yang mengikuti Canon PhotoMarathon Indonesia di Yogyakarta semakin meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, kami terus berupaya menghadirkan acara dan kompetisi yang tidak hanya menantang, namun juga menghibur serta dapat memperkaya ilmu dan pengalaman para peserta di bidang fotografi,” ujar Merry Harun, Direktur Divisi Canon PT Datascrip.

Sesi lomba yang terbagi dalam 3 tema dimulai dengan tema 1, yaitu “Menyambut Pagi” . Setelah batas waktu kurang lebih 60 menit untuk berJuara Canon PhotoMarathon Indonesia 2014buru foto tema 1 berakhir, maka tema 2, yaitu “Indahnya Persahabatan” pun diumumkan. Tema terakhir yang mengakhiri tantangan kecepatan dan kreativitas para peserta di ajang ini adalah “Waktunya Belanja”. Para peserta dituntut untuk terus bergerak mencari bidikan yang diterjemahkan dari tema tersebut berdasarkan kreativitas masing-masing.

Hasil foto para peserta kemudian diseleksi oleh Dewan Juri yang terdiri dari: Ray Bachtiar (Fotografer Profesional), Misbachul Munir (Fotografer Profesional), Rarindra Prakarsa (Fotografer Profesional), Wahyu Wijoseno Aji (Fotografer Profesional), Denny Feblu (Fotografer & Pengamat Fotografi), dan Heru Chandra
(Manajer Divisi PT. Datascrip).

Sambil menunggu penilaian oleh Dewan Juri dan pengumuman finalis serta pemenang, para peserta disuguhi seminar fotografi mengenai corporate photography yang dibawakan oleh fotografer profesional dan mentor ternama, Edward Tigor Siahaan. Para peserta pun terlihat serius mengikuti seminar tersebut.

Usai seminar, peserta kembali diajak mengasah kreativitas fotografinya dalam ajang sesi foto model tematis. Tak ketinggalan berbagai hiburan dan permainan menarik yang kian menyemarakkan ajang Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 di Yogyakarta pun dihadirkan oleh pemandu acara yang terus menyemangati
para peserta.

Menjelang akhir acara, Dewan Juri pun didaulat ke panggung untuk mengomentari secara umum hasil penjurian mereka, dan acara pun langsung dilanjutkan dengan pengumuman finalis serta pemenang Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 – Yogyakarta. Juara Umum dimenangkan oleh Agus Supriyanto dan ia pun berhak membawa pulang Kamera DSLR Canon EOS 60D serta mengikuti Trip Photo Clinic ke Jepang bersama para Juara Umum dari Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 di Medan dan Jakarta serta pemenang utama dari negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia lainnya. Sementara itu, Juara 1 Tema 1 diraih oleh Budi Prasetyo, Juara 1 Tema 2 diraih oleh Gunung Pamungkas. Juara pertama setiap tema masing-masing mendapatkan Kamera DSLR Canon EOS 60D Body serta Trip Photo Clinic ke Lombok.

Sebelum penyelenggaraan di Yogyakarta, rangkaian Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 telah mulai digelar di Medan pada tanggal 11 Oktober 2014 dan akan diakhiri di Jakarta pada tanggal 25 Oktober 2014.

Selain Kategori Umum, Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 juga membuka kategori khusus untuk Pelajar. Para pemenang di Kategori Pelajar memperoleh hadiah berupa kamera digital Canon. (r0)

Teks foto:

– Sekitar 1800-an peserta Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 di Yogyakarta bersiap di Jogja City Mal, Minggu (19/10) untuk berlomba memperebutkan hadiah senilai ratusan juta rupiah dan trip photo clinic ke Jepang dan Lombok.

– Merry Harun – Direktur Divisi Canon pt. Datascrip bersama Agus Supriyanto, Juara Umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 – Yogyakarta, Minggu (19/10).