15/01/2021

Jadikan yang Terdepan

DIYSUB 2014 UK Petra: Cerdas Memilih Typography untuk Para Desainer

Surabaya, KabarGress.Com – Tulisan adalah hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yang kerap terlihat sederhana namun siapa sangka ternyata tulisan bisa saja menjelma menjadi sebuah lukisan wajah manusia yang menawan atau bentukan lainnya. Ialah Typography sebuah ilmu yang mempelajari perpaduan antara teknik pengaturan tulisan dengan seni sehingga menciptakan sebuah karya seni.

Program Studi Desain Komunikasi Visual UK Petra bekerjasama dengan C2O Library menggelar Konferensi “Design It Yourself” Surabaya (DIYSUB 2014) selama dua hari berturut – turut. “Penyelanggaraan kali ini adalah tahun yang ke-4 dengan mengusung tema Mix to Make yang merupakan sebuah roh para desainer dalam menerapkan multi dispilin ilmu untuk menghasilkan sebuah karya yang berdampak secara luas di masyarakat”, urai Obed Bima Wicandra, S.Sn., M.A selaku Seketaris Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra.

Yang pertama, seminar Nine Commandments yang akan digelar esok Kamis, 16 Oktober 2014 pukul 09.30-11.30 WIB bertempat di Gedung T lantai 5 Ruang AVT 503. Seminar ini akan memperkenalkan serta mengajarkan tentang bagaimana membentuk sebuah seni Typography, “dalam seminar ini akan menghadirkan pembicara yang telah memiliki berbagai prestasi serta pengalaman yaitu Yasser Rizky, seorang seniman sekaligus desainer internasional. Dengan hadirnya seorang Yasser Rizky semoga mampu memotifasi para mahasiswa dalam mengeksplorasi kemampuan membuat dan mengolah huruf secara kreatif tidak saja dalam wujud yang statis namun juga bisa kinetik maupun eksperimental”, lanjut Obed.

Setelah belajar teori dasar tentang Typography, dilanjutkan dengan Workshop Poetry of Typography yang diadakan selama dua hari berturut pada hari Kamis, 16 Oktober 2014 pukul 13.00 – 18.00 WIB dan pada Jumat, 17 Oktober 2014 pukul 10.00 – 16.00 WIB bertempat di Gedung P lantai 5 ruang studio 504 kampus UK Petra. Dalam workshop dua hari ini, Yasser Rizky akan membagi ilmunya untuk kemudian para peserta dapat membuat dan mengolah karya mereka masing-masing. (ro)