03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Rapat Jadi Lebih Mudah Dimanapun dan Kapanpun dengan Aplikasi Rapat Online

FOTO_AUGMENTED2Surabaya, KabarGress.Com – Keberhasilan sebuah perusahaan acapkali lahir melalui perencaan dan strategi yang handal melalu sebuah meeting atau rapat. Bagi perusahaan sekala kecil rapat dapat dilakukan dengan mudah, karena jumlah personel yang terbatas. Lantas, bagaimana dengan perusahaan berskala nasional atau bahkan internasional. Mereka tentu memiliki staf dengan jumlah yang banyak serta bagian atau divisi yang banyak pula.

Sejauh ini rapat untuk perusahaan berskala besar rata-rata melakukan rapat di kantor pusat atau di tempat tertentu, hal ini tentu dianggap kurang efektif dan efisien. Ada juga perusahaan yang melakukan rapat dengan menggunakan tele conference baik menggunakan aplikasi seperti messanger atau sejenisnya. Namun metode ini dianggap kurang akurat dan efektif, karena masih ada batasan atau kelemahan. Aplikasi tersebut tidak dibuat khusus untuk kepentingan rapat.

Nah melihat fenomena kemajuan teknologi serta perkembangan bisnis secara global menuntut perusahaan harus cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan strategis, khususnya melalui sebuah rapat. Yohanes Ekodono, mahasiswa S1 Sistem Informasi Stikom Surabaya ini menawarkan solusi melalui aplikasi rapat online yang ia buat. Sebuah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan sebagai media penunjang kegiatan rapat secara online.

Menurut Yohanes, aplikasi ini dikendalikan oleh seorang staf yang akan dipercaya sebagai moderator rapat oleh perusahaan. Moderator dapat mengatur jalannya rapat internal dengan menetapkan setting utama pada ruang rapat sebelum rapat dimulai. “Bahkan aplikasi ini memberikan otorisasi kepada setiap staf peserta rapat di dalam ruangan tersebut untuk melakukan beberapa aksi. Peserta rapat dapat memberikan ide-ide individu,” tegas Yohanes.

Selain itu, sarana voting yang akan disediakan di dalam aplikasi ini bermanfaat untuk menyamaratakan perlakuan atas ide-ide yang telah disampaikan para staf. Sarana ini memungkinkan masing-masing staf berkontribusi, tidak hanya terhadap ide yang disampaikannya, tetapi juga terhadap ide staf lainnya.

Yohanes mengatakan, vote dapat dilakukan beberapa tahap sesuai dengan yang diinginkan dan sesuai dengan kesepakatan bersama apabila informasi-informasi yang disampaikan di dalam rapat telah dirumuskan menjadi suatu keputusan. “Dengan adanya aplikasi ini rapat secara remote atau jarak jauh yang dilakukan oleh para staf dapat terfasilitasi,” terang Yohanes bangga. (ro)