20/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Sekdaprov Dorong Perluasan Kerjasama dengan China

Sekda Prov Jatim menerima audiensi Komandan Satuan Tugas Kapal Latih China, Laksda Han Xiaohu, di Kantor Gubernur Jatim.
Sekda Prov Jatim menerima audiensi Komandan Satuan Tugas Kapal Latih China, Laksda Han Xiaohu, di Kantor Gubernur Jatim.

Surabaya, KabarGress.Com – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Akhmad Sukardi, MM, mendorong perluasan kerjasama di semua bidang dengan China. Ini karena Jawa dan China memiliki hubungan yang sangat akrab sejak tahun 1405 – 1433 Masehi.

“Kerjasama perdagangan antara Jawa dan China sudah dilakukan sejak lama, karenanya sudah sepatutnya kerjasama yang dibangun harus diperluas termasuk di bidang investasi infratruktur juga bidang keamanan,” ujarnya saat menerima Delegasi Laksda Han Xiaohu, Komandan Satgas Kapal Latih Angkatan Laut China, di Ruang Kerja Sekdaprov Kantor Gubernur Jatim, Selasa (3/6/2014).

Ia menjelaskan, nilai investasi China sampai dengan tahun 2013 sebanyak 249 perusahaan. Dengan total nilai US$ 2.011,41 juta, dan menyerap 22.597 orang tenaga kerja. Pemprov Jatim sangat berharap China semakin menambah jumlah perusahaannya untuk berinvestasi di Indonesia khususnya Jatim. Hal ini ditunjang kondisi investasi yang masih terbuka lebar dan cukup kondusif di Jatim.

Lebih lanjut disampaikan, kerjasama yang sudah dilakukan antara Pemprov Jatim dan Provinsi China sudah banyak. Diantaranya yakni dengan Tianjin, masing-masing provinsi telah menyediakan Exchange Center sebagai pusat promosi Trade, Tourism and Investment. Exchange Center Jatim di Tianjin berlokasi do Itallian Village, sedangan Exchange Center Tianjin Jatim berlokasi di Margorejo 420 – 421.

Selain Tianjin, terang Sukardi, kerjasama juga dilakukan dengan Shanghai. Kerjasama yang dibangun adalah di bidang pendidikan, yakni dengan mengirimkan peserta 2 orang dari Shanghai untuk mengikuti pelatihan bahasa indonesia dan budaya Jatim selama satu bulan di surabaya.

Provinsi selanjutnya, lanjut Sukardi, yakni Shandong ini dibuktikan dengan adanya kunjungan beberapa kali dari wakil Gubernur Shandong Mr. Jia Wanzhi dan anggota Parlemen Shandong khususnya bidang pendidikan dan perikanan. Provinsi China yang terkahir yaitu Guangxi, Jatim telah mengirimkan peserta pameran untuk mengikuti China ASEAN Expo.

“Berbekal dengan kedekatan sejak lama dan kerjasama yang sudah dibangun, maka semoga hubungan bilateral antara China dan Jatim bisa semakin berkembang. Saya berharap kunjungan ke Jatim akan semakin sering dilakukan dan begitupun sebaliknya,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Laksmana Muda Han Xiaohu mengatakan, rombongan delegasi yang diajak bersamaan dengan kapalnya berjumlah 560 orang. Melihat kondisi pembangunan infrastruktur pelabuhan dan pelayaran di Jatim, Ini membuktikan bahwa ekonomi di Jatim sangat baik. Selain itu ditunjang kondisi kelautan yang sangat luas dan aman, maka China tidak salah memilih mitra untuk melakukan investasi.

Ia menjelaskan, China sampai saat ini sudah mengimpor lebih dari 10 juta ton minyak dari Indonesia dan salah satunya dari Jawa. Keberhasilan percepatan ekonomi di Jatim khususnya tidak lepas dari kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur saat ini.

Turut hadir pada acara tersebut, Konjen China di Surabaya,Laksamana Muda Li Jianjun, Kolonel Lu Dali dari Atase Pertahanan Senior China, juga beberapa pejabat di lingkup SKPD Pemprov Jatim. (Eri)