10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

The 19th Asian Senior Men’s Volleyball Championship Diramaikan 16 Negara

Surabaya, 20 JULI 2017, KabarGRESS.com – KAPOLRI Jenderal Polisi Tito Karnavian direncanakan akan membuka Kejuaraan Bola Voli Asia Putra ke-19 (The 19th Asian Senior Men’s Volleyball Championship), 24 Juli mendatang di GOR Tridharma Petrokimia Gresik.

Sebanyak 16 negara, termasuk Indonesia, akan meramaikan kejuaraan dua tahunan yang akan berlangsung hingga 1 Agustus mendatang itu. Selain di GOR Tridharma Petrokimia, kejuaraan ini juga akan dilangsungkan di GOR Wahana Ekspresi Pusponegoro Gresik.

Ketua Umum PP. PBVSI, Komisaris Jenderal Polisi (P) Drs. Imam Sudjarwo, MSi mengharapkan dengan adanya kejuaraan ini akan sangat bermanfaat bagi perbolavolian di Tanah Air. “Tentunya event ini sangat bermanfaat bagi insan bola voli di Indonesia,” ujar Imam pada acara konperensi pers di Surabaya, Kamis (20/7/2017).

Menurutnya, tim-tim terbaik Asia bahkan dunia seperti Tiongkok, Iran, Jepang dan Australia akan mempersembahkan penampilan yang menarik. Disamping itu, tambahnya, calon lawan Indonesia di SEA Games Kuala Lumpur mendatang sepertl Thailand dan Vietnam juga akan turut serta. “Kita bisa lihat permainan calon lawan kita di SEA Games nanti,” kata Imam.

Lebih Ianjut orang nomor satu di PBVSI itu, mengungkapkan event di Gresik ini juga dijadikan sebagai ajang ujicoba menghadapi pesta olahraga se-Asia Tenggara SEA Games XXIX/2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Agustus mendatang.

”Hasil dari kejuaraan ini untuk melihat Iangkah kita di SEA Games nanti yang ditargetkan meraih medali emas,” tuturnya.

lndonesia akan mengawali kejuaraan yang terselenggara atas kerjasama dengan Bank BNI, Petrokimia Gresik, Kabupaten Gresik, dan Polda Jatim itu akan menghadapi Saudi Arabia pada hari pertama. Selain Indonesia dan Saudi Arabia, Qatar dan Kazakhstan juga bergabung di Pul A. Kejuaraan antarnegara Asia ini dibagi dalam empat pul dengan masing-masing pul diisi empat tim peserta.

Dua tahun lalu di lran, Jepang berhasil menjuarai event tersebut. Indonesia tidak ikut di lran dua tahun lalu. Tim Merah Putih terakhir ikut serta pada 2011 di lran juga.

Ketua panitia, Heyzer Harsono mengaku sudah siap dalam pelaksanaan event ini. Tiongkok akan menjadi tim pertama yang tiba di Surabaya, 20 Juli mendatang. Semua peserta, kata Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PP. PBVSl ini, akan ditampung di hotel Wyndham Surabaya. “Semua sudah siap. Tinggal pelaksana. Mudah-mudahan tidak ada halangan,” ujar Heyzer. (ro)

Daftar negara peserta:
1. Arab Saudi
2. Australia
3. China
4. Hongkong
5. Indonesia
6. Iraq
7. Iran
8. Jepang
9. Korea
10. Kazakhstan
11. Pakistan
12. Qatar
13. Srilanka
14. Thailand
15. Vietnam
16. Taipei