31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

R. EDI RACHMAT, SE. MM: MARI LAKSANAKAN AMANAH PARTAI DENGAN SERIUS

Surabaya, KabarGress.com – “ Saya menjalankan amanah Partai. Mari kita laksanakan Amanah Partai dengan Serius ,” kata Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat ( HANURA) Kota Surabaya, Minggu ( 5/2) via Whats- App. Sebagai kader Partai, Kang Edi, demikian Ketua DPC Partai HANURA Kota Surabaya ini akrab di sapa, secara nyata berupaya melaksanakan tugas partai secara menyeluruh.

Dia harus bekerja keras, cerdas, smart dan kompak agar Partai HANURA bukan hanya dikenal masyarakat tetapi juga lekat di hati masyarakat Kota Surabaya yang terdiri 31 kecamatan, 163 kelurahan, berpenduduk sekitar 3,110,187 Orang, terpadat kedua setelah Jakarta ini.

Langkah pertama dilakukan Kang Edi supaya Partai beridiologi Nasionalis Religius ini melekat di hati warga metropolis yang heterogen, adalah dengan melakukan penataan struktur kepengurusan di tingkat Ranting. Selangkah demi selangkah program dilaksanakan. “ Step by step saya jalankan, baik program DPP , maupun DPD,” imbuh dia.

“ Untuk sementara melakukan penguatan pengurus sampai di level paling bawah,” ujarnya. Pengurus ranting dilakukan penguatan. Selanjutnya, setelah 163 pengurus ranting semua terisi, DPC keluarkan tiga program.

Tiga program tersebut : (1) Pengenalan Partai berbarengan dengan verifikasi factual DPC, (2) Penguatan struktur kelembagaan Partai dan (3) Tujuan Partai dalam menyongsong Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden ( Pileg / Pilpres ) tahun 2019 mendatang. Pelaksanaan ketiga program ini tegas Kang Edi dilakukan secara terukur , supaya ditengah jalan nanti tidak terjadi kejenuhan.

Intinya, semua kader, pengurus Partai di semua tingkatan termasuk kordapil harus saling bersinergi dalam melaksanakan amanah Partai. Bangun relasi serta kedekatan dengan rakyat, serta paparkan program Partai kepada masyarakat. Tentunya, yang harus di perhatikan untuk semua pengurus Partai, dalam membangun hubungan personal maupun kelembagaan dengan rakyat, strategi komunikasi harus bersifat komunikatif.

“ Bangun komunikasi dua arah, bersifat aktif tidak pasif,” saran Kang Edi. Advis Kang Edi memang cukup relevan bagi Kota sebesar Surabaya, dimana selain warganya bersifat majemuk, umumnya juga melek politik. “ Jangan menebar janji , tetapi dengarkan aspirasinya, “tegasnya.

Untuk pendekatan serta komunikasi yang dibangun haruslah bersifat realistis. Sementara yang di maksud bersifat aktif, bukan saja terbatas pada kuantitas bertemu dan berkomunikasi dengan warga, tetapi juga harus diperhatikan kualitas komunikasi. Sampaikan gagasan , visi –misi Partai, secara utuh, dan bangun mindset public tentang keberpihakan Partai pada rakyat.

Selain dengan pendekatan komunikatif, Pengurus PAC bersama Pengurus Ranting sebagai garda paling depan hendaknya juga selalu meningkatkan sikap peduli kepada lingkungan masyarakat. “ Yang paling sederhana, ketika lingkungan masyarakat kita ada yang punya kesibukan, sebagai kader dan pengurus Partai harus hadir membantu baik tenaga atau fikiran,” advis kang Edi.

Sebab, masyarakat perlu bukti dan butuh keteladanan. Sikap peduli dan contoh konkret itu merupakan amanah Partai yang hendaknya dapat di laksanakan secara komprehensif oleh semua kader dan pengurus Partai, dalam membangun konsolidasi dengan masyarakat. “ Berbuat itu jauh lebih lebih baik, di dukung komunikasi yang baik, maka secara personal ataupun kelembagaan Partai bakal terbangun hubungan emosional dengan rakyat,” pesannya. (hery)