31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

KETUA DPC PARTAI HANURA SURABAYA MINTA KADERNYA JALIN HUBUNGAN EMOSIONAL DENGAN RAKYAT

Surabaya, KabarGress.com – Para Kader dan Pengurus Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) Kota Surabaya , di minta bekerja nyata membangun jejaring di masyarakat. “ Saya minta teman –teman pengurus di semua tingkatan mampu membangun hubungan emosional personal dan kelembagaan dengan masyarakat , “ pesan Ketua DPC Partai HANURA Kota Surabaya , R. Edi Rachmat , SE, MM, dikantornya, Senin (6/2).

Pesan Kang Edi, demikian R. Edi Rachmat, akrab disapa memang cukup realistis. Pasalnya, secara kelembagaan Partai HANURA di Kota Surabaya, masih belum benar- benar di kenal oleh warga kota Surabaya. Warga kota Surabaya, hanya mengenal Partai HANURA sebatas kulitnya saja melalui media massa. “ Tugas para kader bersama pengurus untuk mengenalkan Partai ini kepada publik,” imbuh kang Edi.

Tak kenal, maka tak sayang . Pameo ini hendaknya menjadi spirit semua kader bersama pengurus Partai untuk meningkatkan itensitas berkomunikasi dengan masyarakat harus mampu di tingkatkan, baik kuantitas maupun kualitasnya . Oleh sebab itu, sebagai kader partai haruslah bersikap aktif, tidak boleh pasif. Artinya, sebagai pengurus Partai harus bergaul dan membaur di tengah masyarakat.

Kang Edi mencontohkan saat di kampung ada kegiatan, di situlah pengurus selaku kader Partai harus hadir ditengah tengah warga. Misalnya, dalam kegiatan ke RT-an, RW, serta kegiatan LKMK, Karang Taruna. “ Saya kira banyak caralah supaya Partai HANURA ini dikenal masyarakat,” kata kang Edi, seraya menerangkan dengan aktif berkunjung serta hadir dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, tentunya banyak waktu dan kesempatan bagi pengurus untuk memperkenalkan visi –misi Partai.

“ Bertemu masyarakat secara ajeg, rutin dalam berbagai kesempatan , tentunya akan terbangun ke akraban antara personal pengurus dengan warga masyarakat. Dari sini kemudian bakal terbangun hubungan emosional dengan masyarakat,”ujar dia. Dan, yang paling dekat dengan masyarakat dalam lingkup mikro, adalah para Pengurus Anak Cabang ( PAC) dan Pengurus Ranting.

Nach, dalam rangka memudahkan kinerja PAC melaksanakan agenda kerja Partai, membangun relasi pada warga masyarakat, ungkap kang Edi, dalam waktu dekat DPC segera mengeluarkan Surat Keputusan ( SK) sebagai azas legalitas dan legitimasi untuk Ketua PAC. Selanjutnya usai menerima SK, para Ketua PAC di mandatkan membentuk setruktur kepengurasn di tingkat Ranting.

Langkah berikutnya, setelah 163 kelurahan terbentuk pengurus rantinya ,pendekatan kepada masyarakat mulai di lakukan secara berkelanjutan. Termasuk melaksanakan rekruitmen anggota baru Partai, dari berbagai kalangan masyarakat, yang di dalamnya terdapat pemuda sebagai pemilih pemula.

“ Agenda rekruitmen masyarakat menjadi anggota Partai HANURA ini akan menjadi mudah tatkala para Pengurus PAC dan Ranting terjalin hubungan emosional,”pungkasnya. (hery)