31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Wagub Jatim Berangkatkan Mudik Gratis Kadin Surabaya dan BPJS Ketenagakerjaan

IMG_20160705_074804-1024x768Surabaya, KabarGRESS.com – Wakil Gubernur Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf, memberangkatkan Mudik Asik Lebaran Kadin Surabaya dan BPJS Ketenagakerjaan, di depan Kantor PT. SIER, Jalan Rungkut Industri Surabaya, Selasa (5/7/2016) pagi.

Program mudik gratis yang telah terselenggara selama 14 kali ini merupakan wujud kepedulian Kadin Surabaya dan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk jumlah bus penyelanggaraan mudik gratis termasuk dari Kadin Surabaya dan BPJS Ketenagakerjaan yang diberangkatkan mencapai total 750 bus.

Adapun tujuan mudik gratis yang diberangkatkan Gus Ipul, sapaan lekat Wagub Jatim ini antara lain Madiun, Nganjuk, Jember, Ponorogo, Bojonegoro, dan Tulungagung.

Ia mengatakan, program mudik gratis ini sebagai solusi dalam mengatasi kemacetan. Semakin banyak mudik gratis, semakin mengurangi volume kendaraan. Sehingga diharapkan kemacetan berkurang.

“Mudik gratis ini sangat bermanfaat dan bisa mengurangi beberapa hal seperti mengurangi kemacetan, angka kecelakaan, serta antrian di terminal atau stasiun. Dengan adanya mudik gratis kali ini bisa mengurangi volume kendaraan yang seringkali menjadi penyebab kemacetan,” jelas Gus Ipul sapaan lekat Wagub Jatim.

Selain itu, lanjutnya, program mudik gratis ini juga dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, serta mengurangi jumlah antrian di terminal dan stasiun. Ini sebagai upaya memberikan pelayanan kemudahan kepada masyarakat Jatim yang ingin mudik ke kampung halaman.

“Alhamdulillah setiap tahunnya angka kecelakaan di jalan raya semakin berkurang, volume kendaraan juga berkurang. Ini berkat semakin banyaknya program mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Jatim maupun swasta. Diharapkan tahun depan Kadin Surabaya dan BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya menyediakan bus gratis untuk mudik, tetapi juga untuk baliknya,” harapnya.

Pemprov Jatim juga menyediakan pelayanan truk untuk mengangkut sepeda motor para pemudik. Program ini telah mengangkut sebanyak 400 sepeda motor. “Tahun ini tidak hanya orangnya yang mendapatkan pelayanan mudik gratis, tetapi juga sepeda motornya diangkut. Karena kecelakaan yang dialami pengendara kendaraan roda dua itu masih tinggi sekitar 76 persen. Kalau bisa dengan mudik gratis dan kendaraan pengangkut sepeda motor ini bisa mewujudkan zero accident,” jelasnya.

Gus Ipul juga berpesan kepada para pengemudi bus mudik gratis agar berhati-hati di jalan karena pengemudi menjadi bagian penting bagi keselamatan para penumpang. “Sopir paling penting karena keselamatan penumpang tergantung padanya,” imbuhnya. (ro/h)