31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Gunung Kelud Memuntahkan Lahar Panas

Latihan Posko I Kodim 0808.Blitar hari kedua 1Blitar, KabarGress.com – Gunung Kelud yang terletak di perbatasan Kediri-Blitar, Jawa Timur, telah meletus sekitar pukul 22.50 WIB, Selasa (14/6/2016) malam, demikian Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dalam keterangan resminya. BNPB menyebutkan hujan abu menyebar di beberapa wilayah, seperti Kediri, Malang, Blitar, Surabaya, Ponorogo, hingga Pacitan, Solo, Yogya, Boyolali, Magelang, Purworejo, serta Temanggung.

Pasi Ops Kodim 0806/Trenggalek memaparkan mengenai situasi wilayah di sekitar Gunung Kelud Kabupaten Blitar kepada Dandim 0808/Blitar. Kemudian Dandim 0808/Blitar mengumpulkan Para Perwira Staf dan Para Danramil Jajaran Kodim 0808/Blitar untuk memberikan Perintah Operasi kepada seluruh Perwira Kodim 0808/Blitar tentang kerawanan di sekitar bencana Gunung Kelud.

Setelah mendapat perintah Perwira Staf Kodim 0808/Blitar melakukan koordinasi melalui jalur komunikasi dalam rangka penanggulangan Gunung meletus di wilayah Kabupaten Blitar.

Selanjutnya Dandim 0808/Blitar berkoordinasi dengan Forpimda tentang mekanisme pengendalian tanggap darurat bencana dan pemberian bantuan kepada para korban sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku dalam penanggulangan bencana.

Pasi Intel Kodim 0808/Blitar juga berkoordinasi dengan aparat terkait dalam hal ini dari Kepolisian anggota untuk mewaspadai adanya Tomas dan LSM yang sering menghasut masyarakat sehingga dapat menimbulkan keresahan dan ketidak kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Sedangkan Pasiter Kodim 0808/Blitar koordinasi dengan unsur SAR, PMI dan Tagana tentang mekanisme untuk membantu para korban gunung meletus di wilayah Kabupaten Blitar.

Selanjutnya Pasiops Kodim 0808/Blitar koordinasi dengan Yonif 511/ DY untuk menyiapkan personil dan material/Sarana dan prasarana dalam rangka mendukung satgas BPBD dalam membantu para Korban.

Kondisi dengan situasi kesibukan tersebut di atas adalah bagian dari Operasi pada Latihan Gladi Posko Kodim 0808/Blitar “Operasi Merak Jaya – XXV Tahun 2016” dalam rangka Kodim Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemda Di Wilayahnya dalam rangka Operasi Militer Selain Perang. (hery)