31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

AMM Cabang Krembangan Gelar Kirab Sambut Ramadhan

* Stop Kekerasan Pada Anak

Kirab Ramadhan 1437 H, AMM Krembangan SurabayaSurabaya, KabarGRESS.com – Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) (Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul ‘Aisyiyah) Cabang Krembangan Surabaya, menggelar kirab menyambut Ramadhan 1437 H. Pimpinan Cabang Muhammadiyah Krembangan, Sutikno SSos, berkesempatan memberangkatkan 19 tim berkeliling di kawasan bekas lokalisasi Bangunsari Surabaya, Minggu (5/6/2016).

Menurut Sutikno, setiap tim terdiri dari 13-15 anak membawa poster dan spanduk berisi ajakan stop kekerasan pada anak, Minggu (5/6/2016). “Setiap peserta menampilkan kreativitas sebaik-baiknya dalam menyampaikan pesan mengenai stop kekerasan pada anak. Yel-yel disampaikan menjelang start. Pesertanya dari mulai TK, SD, SMP Muhammadiyah dan TPA masjid serta musholla setempat. Selain itu masih ada lagi dari panti asuhan,” jelas Sutikno, didampingi Ketua AMM Cabang Krembangan Surabaya, Amrullah, serta Sekretaris Panitia Kirab Ramadhan 2016, Irfandi. Tampak hadir pula, Ketua Majelis Tabligh, H. Adi Sulasono, ST, Ketua Majelis Kader, Mursiah, Spd, Mpd I.

Semakin maraknya kekerasan pada anak, menjadi tema kirab Ramadhan tahun ini. “Kita harus peduli kepada anak-anak, mereka adalah investasi akherat, anak jaminan kita untuk masuk surga. Dan dakwah tidak harus di atas mimbar, kasihan anak-anak sekarang banyak menjadi korban kekerasan,” terangnya.

Melalui kegiatan seperti ini, Sutikno punya harapan tidak ada lagi kekerasan pada anak di Surabaya khususnya dan di Indonesia pada umumnya. “Kita semua harus peduli dengan anak yang perlu dilindungi karena akan mengangkat harkat dan martabat bangsa,” tukasnya.

Sekretaris Panitia Kirab Ramadhan 2016, Irfandi, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Krembangan, Sutikno SSos, Ketua AMM Cabang Krembangan Surabaya, Amrullah“Kami berusaha agar masyarakat mengetahui betapa anak adalah investasi akhirat yang harus dirangkul dan dididik serta dilindungi, bukan malah disakiti dengan kekerasan,” lanjutnya.

Kirab Ramadhan dibuka dengan penampilan Drum Band dari murid-murid TK ABA 04 Dupak Bangunsari yang membawakan lagu “Bintang Kecil dan Ambilkan Bulan, Bu”. Penampilan mereka disambut meriah para penonton. Selanjutnya peserta diberangkatkan satu per satu dengan mengibarkan bendera Muhammadiyah.

Pada kesempatan sama, Ketua Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Cabang Krembangan, Amrullah, berharap kegiatan tersebut menjadi dakwah tersirat bagi masyarakat di kawasan eks lokalisasi itu.

“Dakwah tidak harus selalu berdiri di mimbar, tapi juga bisa lewat penyampaian pesan dari kirab semacam ini. Semoga selanjutnya tidak akan ada lagi kekerasan di Indonesia, di Surabaya, dan utamanya di wilayah Krembangan,” harapnya.

Sebagai generasi penerus, tambah Amrullah, anak harus dididik ke arah yang benar dengan cara yang benar. “Anak adalah jaminan masuk surga, jadi jika tidak dididik dengan baik ya buat apa,” pungkasnya. (ro)

Teks foto:

  • Salah satu tim peserta kirab siap diberangkatkan.
  • Sekretaris Panitia Kirab Ramadhan 2016, Irfandi, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Krembangan, Sutikno SSos, Ketua AMM Cabang Krembangan Surabaya, Amrullah.