31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Kembangkan Potensi Desa, Unitomo Lakukan KKN di 12 Desa

TORO-1-1024x683Surabaya, KabarGRESS.com – Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo)  melaksanakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tahun akademik 2015/2016 yang dibuka langsung oleh Rektor Unitomo, Dr. Bachrul Amiq, SH, MH dan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Ir. M. Soemantoro. MT didampingi Dr. Jr. Totok Hendano, MSi, di Auditorium Ki. Moh. Saleh, Minggu (5/6/2016).

Menurut Ketua Pelaksana KKN-PPM, Dr. Jr. Totok Hendano, MSi, Unitomo akan mengerahkan sekurang-kurangnya 600 mahasiswa dari 8 fakultas yang ada di Unitomo dan akan ditempatkan di 12 titik desa di Kabupaten Pasuruan.

Sebelumnya pihak LPPM mengaku telah berkoordinasi dengan SKPD terkait di Kabupaten Pasuruan guna pemetaan potensi daerah Pasuruan yang dapat digali. “Lokasi yang kami tunjuk adalah benar-benar lokasi desa yang mempunyai potensi yang layak untuk dikembangkan seperti sektor pertanian, agrobisnis dan kewirausahaan,” ujar dosen pertanian ini.

Senada dengan tema KKN yang bertajuk Pendampingan dan Penguatan Masyarakat Desa maka Rektor Unitomo, Bachrul Amiq, mengaku optimis penyelenggaraan KKN di Pasuruan ini akan berjalan dengan sukses. “LPPM Unitomo sudah berpengalaman mengadakan KKN seperti di Kabupaten Bojonegoro, Lamongan, Gresik, dan Mojokerto. Hanya saya ingin ada penekanan untuk memanfaatkan teknologi tepat guna terkait pengembangan potensi desa di Kabupaten Pasuruan,” ujar doktor Ilmu Hukum ini.

“Untuk itu mahasiswa perlu kami bekali dengan materi yang tepat agar sinkron dengan kebutuhan mayarakat disana,” imbuh Amiq.

Disamping teknik penyusunan dan pelaksanaan Program KKN para peserta juga dibekali materi tentang penerapan IPTEKS terhadap masyarakat dari multidisiplin, penanaman nilai-nilai nasionalisme, kepribadian, keuletan, etos kerja tanggungjawab, kemandirian, kepemimpinan, kewirausahaam dan penanaman jiwa kepenelitihan serta kepengabdian.

Seperti yang diketahui KKN-PPM tahun akademik 2015/2016 ini akan dilaksanakan tepat pada 17 Agustus 2016 sampai dengan 24 Agustus 2016 dengan menempati 12 desa di Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, diantaranya Desa Andonosari, Desa Glarang, Desa Gendro, Desa Kalipucung, Desa Kayukebek, Desa Ngadirejo, Desa Ngembal, Desa Pungging, Desa Sumberpitu, Desa Telogosari, Desa Tutur dan Desa Wonosari. (ro)