31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

MatahariMall Gaet UMKM di Surabaya Lewat Program Edukasi #JualOnlineAja

2a-1024x683Surabaya, KabarGress.com – Jumlah UMKM di Surabaya terus mengalami peningkatan secara signifikan. Pada awal 2016, tercatat bahwa terdapat 3.000 UKM di Surabaya, meningkat lebih dari tiga puluh kali lipat ketimbang lima tahun sebelumnya[1]. Berangkat dari data ini, MatahariMall.com (MatahariMall) melakukan rangkaian roadshow pelatihan UMKM #JualOnlineAja (JOA) yang kali ini singgah di Surabaya. Program JOA di Surabaya juga menggandeng komunitas seperti Tangan Di Atas (TDA) Surabaya, dan Asosiasi UMKM Jatim.

Pada pelatihan yang dilaksanakan di Santika Premiere Gubeng, lebih dari 200 peserta yang merupakan pelaku UMKM diberi modul-modul yang disebut CEO (Chief Executive Officer, pelatihan tentang manajemen perusahaan), CFO (Chief Financial Officer, pelatihan tentang keuangan perusahaan), CMO (Chief Marketing Officer, pelatihan tentang pemasaran perusahaan), dan COO (Chief Operation Officer, pelatihan tentang order management dan workshop foto produk) dalam konteks bisnis online. MatahariMall akan membantu para pelaku UMKM untuk memperluas jangkauan pemasaran produknya tidak hanya di Surabaya, namun ke seluruh Indonesia.

“Sudah bukan rahasia lagi bahwa Surabaya merupakan kota yang memiliki potensi unik dari segi UMKM. Surabaya merupakan tempat berkumpulnya individu-individu kreatif yang dapat menghasilkan produk-produk yang unik dan beragam. Bila diberdayakan dengan baik, kami yakin bahwa potensi ini dapat dimaksimalisasi dan memberikan kontribusi yang lebih lagi terhadap struktur ekonomi Surabaya,” ujar Kezia Mareshah, PR Manager MatahariMall.com.

MatahariMall berkomitmen untuk membantu para pelaku UMKM memperluas jangkauan pemasaran produknya tidak hanya di Surabaya, namun ke seluruh pelosok Indonesia melalui program free delivery. Hal ini merupakan manfaat tambahan bagi pelanggan karena bebas biaya ongkos kirim dan memperbesar kesempatan seller untuk menjual produknya.

“Kami melihat Surabaya sebagai kota yang sangat atraktif. Produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM di Surabaya, seperti kerajinan batik, pernak-pernik, aksesoris, bahkan makanan memiliki kualitas yang baik dan sarat kreativitas. Karena itu, dengan program JOA, MatahariMall siap untuk memberikan dukungan yang berbentuk pemahaman dan pelatihan yang tepat membantu usaha UMKM melonjak pesat,” ujar Ruby Adityawarman, SME & Community Development Manager MatahariMall.com.

Di setiap kota, JOA memilih 2 TeMMan Super (pelaku UMKM terbaik) yang memiliki produk unik dan minat tinggi berjualan online untuk dapat dibantu bisnis selanjutnya. TeMMan Super sendiri diberikan banyak keuntungan mulai dari mentoring secara regular, promosi produk secara berkala dan juga beberapa hadiah pendukung untuk bisnisnya.

JOA yang dipilotkan oleh MatahariMall pada akhir tahun 2015 adalah program dari MatahariMall untuk membantu membina UMKM di Indonesia melalui eCommerce. Menyusul keberhasilan pada tahun sebelumnya di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali, JOA 2016 ditargetkan untuk menjangkau 16 kota. Sampai pada hari ini, JOA telah sukses dilaksanakan di 4 kota, yakni Tangerang, Medan, Samarinda, dan Makassar. (ro)

Teks foto: PR Manager MatahariMall.com, Kezia Mareshah dan SME & Community Development Manager MatahariMall.com, Ruby Adityawarman.